Jangan Asal Memilih Sampo Anti Ketombe Jika Tidak Mau Rambut Kaku dan Patah!

Ketombe menjadi masalah rambut yang banyak dialami orang dari berbagai usia. Ketombe adalah kulit kepala yang kering berbentuk serpihan berwarna putih atau keabu-abuan. Rambut berketombe menyebabkan gatal, rasa tidak nyaman hingga membuat tidak percaya diri. Ketombe tidak menular seperti kutu dan tungau rambut. Meski begitu, ketombe dapat mengganggu penampilan.

Penyebab ketombe adalah karena gangguan kelenjar penghasil minyak pada kulit kepala yang memproduksi minyak berlebihan. Masalah rambut berketombe bisa dialami anak-anak hingga orang dewasa. Kamu bisa mendeteksi adanya ketombe jika kulit kepala bersisik, ada serpihan kulit kering dan terasa gatal. Jika tidak ditangani dengan segera ketombe bisa menjadi parah.

Gelaja rambut berketombe yang parah di antaranya bisa menyebabkan kulit kepara merah, panas, bengkak. Dalam beberapa kasus ketombe bisa menyebar dari kulit kepala ke bagian tubuh lain, seperti alis, cambang dan hidung. Ketombe yang parah akan menyebabkan kerusakan rambut, menjadi sarang tungau rambut, rambut patah dan rontok. Maka dari itu, kita perlu mengatasi ketombe kulit kepala sesegera mungkin sebelum menjadi parah.

Langkah awal membasmi ketombe adalah mengetahui penyebabnya. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab ketombe adalah kurang menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut, perawatan rambut yang tidak tepat, stres dan konsumsi makanan tidak sehat. Makanan tinggi gula dan garam jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan ketombe. Selain itu, iritasi jamur dan gangguan tungau juga bisa menyebabkan ketombe.

Masalah rambut berketombe bisa diatasi dengan memilih sampo yang tepat. Ketombe tidak bisa dibasmi dengan sampo biasa. Jadi, bagaimana cara memilih sampo anti ketombe yang ampuh? Yuk, simak hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih sampo anti ketombe berikut ini!

1. Mampu Basmi Ketombe dan Jamur

Basmi Ketombe dan Jamur

Jamur malassezia merupakan salah satu jenis jamur yang menyebabkan ketombe kulit kepala. Jamur ini akan berkembang biak pada kulit kepala yang tidak seat hingga mengalami iritasi. Iritasi yang disebabkan oleh ketombe yang cukup parah disebut dermatitis seboroik. Ketombe tidak hanya menyerang kulit kepala yang berminyak tapi juga kulit kepala yang kering. Maka dari itu, penting menjaga kelembaban kulit kepala agar terhindar dari ketombe.

Banyak sampo anti ketombe yang dijual bebas di pasaran. Namun, tidak semua sampo anti ketombe bisa membasmi ketombe hingga tuntas. Sebagian sampo anti ketombe hanya mengklaim dapat mengusir ketombe yang terlihat, mengurangi ketombe atau mencegah ketombe. Kamu perlu cermat memilih sampo anti ketombe yang ampuh.

Pilihlah sampo anti ketombe yang mampu membasmi ketombe hingga tuntas tanpa membuat kulit kepala iritasi. Sampo ketombe harus memiliki kandungan utama membasmi ketombe kering atau basah dan membasmi jamur hingga ke akarnya. Sebelum memilih sampo anti ketombe, telitilah apa saja formula aktif yang ada pada sampo.

Piroctone olamine dan glycyrrhiza uralensis adalah formula yang ampuh untuk membasmi ketombe dan jamur. Piroctone olamine berguna untuk membasmi jamur malassezia penyebab ketombe. Piroctone olamine juga bermanfaat membersihkan kulit kepala dan menghilangkan rasa gatal. Glycyrrhiza uralensis berperan sebagai anti-infalamasi pada kulit kepala. Kandungan formula ini bisa kamu temukan pada Amino Acid Regen Shampoo.

2. Menutrisi Kulit Kepala

menutrisi-kepala

Kulit kepala yang terlalu kering atau terlalu berminyak bisa memperparah serangan ketombe. Maka dari itu, kita perlu memastikan kulit kepala mendapat asupan nutrisi yang baik agar terhindar dari masalah rambut berketombe. Kulit kepala harus ternutrisi dengan baik agar terjaga kelembaban alaminya.

Kita perlu memberi nutrisi kulit kepala dari luar dan dalam. Menutrisi dari dalam yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Makanan yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut yaitu makanan yang kaya akan omega 3, zat besi dan vitamin B kompleks. Minyak ikan, yogurt, bayam, wortel, pisang adalah beberapa contoh makanan yang baik untuk menutrisi kulit kepala dan rambut.

Perawatan rambut dari luar yaitu dengan menggunakan sampo anti ketombe yang mampu menutrisi kulit kepala dan rambut. Amino acid composition yaitu glutamic acid dan aspartic acid adalah formula pada sampo anti ketombe yang tidak mudah menyebabkan iritasi. Amino acid composition membantu menutrisi kulit kepala dengan meningkatkan metabolisme sirkulasi darah ke kulit kepala.

Selain Amino acid composition, Lysine thiazolidine carboxylate juga termasuk asam amino yang digunakan dalam komposisi sampo anti ketombe. Lysine thiazolidine carboxylate bermanfaat memberi asupan protein pada kulit kepala dan rambut. Amino Acid Regen Shampoo mengandung dua formula penting untuk mengatasi ketombe sekaligus menutrisi rambut dan kulit kepala.

3. Mengatasi Rambut Patah dan Rontok

rambut-tidak-rontok

Dampak dari ketombe yaitu rambut patah dan rontok. Rambut berketombe mudah rontok karena nutrisi yang diterima kulit kepala dan rambut tidak maksimal. Mengatasi rambut rontok harus seimbang antara penggunaan sampo yang tepat dan asupan makan bergizi. Mengatasi rambut rontok bisa dengan cukup minum air putih, konsumsi makanan yang kaya vitamin B kompleks dan zat besi.

Kacang-kacangan, salmon dan bayam adalah contoh makanan yang cocok dikonsumsi untuk mengatasi rambut rapuh dan rontok.  Selain asupan makanan, tentukan pilihan sampo anti ketombe yang mengandung bahan alami untuk mengatasi rambut rontok dan patah. Hydrolyzed wheat protein dan leucine merupakan jenis formula alami untuk mengatasi rambut rontok dan rapuh. Kamu bisa merasakan manfaat dari hydrolyzed wheat protein dan leucine dalam Amino Acid Regen Shampoo.

4. Mengatasi Kerusakan Rambut dan Masalah Kulit Kepala

rambut-rusak

Kerusakan rambut akibat ketombe yaitu rambut menjadi kusam, bercabang dan rapuh. Sedangkan, masalah kulit kepala karena ketombe yaitu iritasi kulit kepala, kemerahan dan bengkak. Semakin parah kondisi rambut berketombe maka akan semakin banyak dampak buruk yang dirasakan. Hal ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman ketika beraktivitas sehari-hari.

Kamu perlu sampo dengan bahan alami yang dapat mengatasi masalah rambut dan kulit kepala akibat ketombe. Sampo anti ketombe pada umumnya hanya fokus mengatasi ketombe saja. Sehingga, kerusakan rambut dan masalah kulit kepala akibat ketombe tidak teratasi. Amino Acid Regen Shampoo adalah sampo dengan formula lengkap. Amino Acid Regen Shampoo mengandung macadamia ternifolia seed oil untuk menutrisi rambut rusak lebih cepat.

5. Mencegah Tungau Rambut

tungau-rambut

Masalah rambut berketombe dan tungau rambut cukup erat kaitannya. Tungau bisa menyebabkan rasa gatal luar biasa pada kulit kepala hingga menyebabkan iritasi. Kulit kepala terserang tungau akan bersisik dan kemerahan. Kulit kepala kering yang diserang tungau atau parasit rambut akan mengelupas dan menyebabkan ketombe. Selain itu, rambut berketombe adalah tempat hidup yang disukai oleh tungau rambut.

Jenis-jenis tungau rambut yang sering menyerang kulit kepala berketombe yaitu demodex. Demodex adalah jenis tungau yang hidup di folikel rambut dan kulit kepala. Gigitannya menyebabkan rasa gatal dan perih. Gigitan demodex bisa menyebabkan eksim atau iritasi kulit lainnya.

Tungau rambut berbeda dengan kutu rambut, ukuran tungau sangat kecil hingga jarang terdeteksi. Sebagian orang belum mengetahui bahwa untuk membasmi ketombe juga perlu basmi tungau rambut sekaligus. Hal ini supaya rasa gatal pada kulit kepala bisa diatasi dengan maksimal. Tidak semua sampo anti ketombe memiliki formula untuk basmi tungau rambut.

Platycladus orientalis leaf adalah formula rambut yang ampuh untuk basmi tungau rambut secara menyeluruh. Platycladus orientalis leaf bekerja efektif sebagai anti parasit dan anti bakteri pada kulit, terutama pada kulit kepala. Amino Acid Regen Shampoo mengandung platycladus orientalis leaf. Sehingga, Amino Acid Regen Shampoo adalah sampo yang ampuh atasi ketombe dan tungau rambut.

6. Mengandung Bahan Alami dan Tidak Menyebabkan Iritasi

acid-amino-regen-shampoo

Hal lain yang perlu kamu perhatikan dalam memilih sampo anti ketombe adalah komposisi sampo. Pastikan tidak ada zat kimia yang bisa menyebabkan alergi. Hindari menggunakan sampo anti ketombe dengan bahan-bahan kimia keras. Jika terlihat tanda-tanda alergi setelah penggunaan sampo anti ketombe, kemungkinan ada zat yang tidak cocok dengan kulit kepala kamu.

Kamu tidak perlu khawatir, karena Amino Acid Regen Shampoo terbuat dari bahan alami yang tidak menyebabkan alergi atau iritasi. Amino Acid Regen Shampoo terbuat dari komposisi bahan yang aman untuk segala jenis rambut dan kulit kepala.

Bahan alami dalam Amino Acid Regen Shampoo:

a. Coconut Oil

Coconut oil atau minyak kelapa sudah dipercaya sejak zaman nenek moyang sebagai bahan penutrisi alami rambut. Minyak kelapa mengandung asam lemak laurat, oleat dan linoleat sebagai anti jamur yang ampuh atasi ketombe dan iritasi kulit kepala. Minyak kelapa juga mengandung protein keratin alami untuk menjaga kesehatan rambut.

b. Macadamia Seed Oil

Macadamia seed oil adalah minyak yang berasal dari kacang makadamia. Manfaat macadamia seed oil sebagai pelembab alami kulit dan rambut karena mengandung  palmitoleic fatty acid.

c. Licorice

Licorice termasuk jenis tanaman herbal. Di Indonesia licorice dikenal sebagai akar manis. Estrak licorice banyak dijadikan komposisi dalam produk perawatan kecantikan kulit dan rambut. Manfaat licorice di antaranya mengatasi peradangan kulit, mengurangi gatal dan menutrisi kulit.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih sampo anti ketombe yang ampuh. Jangan hanya fokus mengatasi rambut berketombe saja. Kamu juga perlu memilih sampo terbaik yang kaya akan kandungan alami untuk menutrisi rambut dan mengatasi segala dampak buruk dari ketombe sampai tuntas. Semua formula terbaik yang perlu ada pada sampo anti ketombe bisa kamu dapatkan dalam satu sampo yaitu Amino Acid Regen Shampoo.

Setelah menemukan jenis sampo anti ketombe terbaik, pastikan kamu menggunakannya dengan cara yang benar dan rutin, ya. Penggunaan sampo anti ketombe perlu dilakukan secara rutin agar manfaatnya terasa maksimal dan ketombe tidak balik lagi. Jangan lupa untuk membilas sampo hingga bersih, karena residu sampo bisa menyebabkan ketombe.

Perawatan rambut harus dilakukan secara baik dan rutin walaupun ketombe sudah pergi.  Kamu perlu cegah ketombe balik lagi dengan rutin merawat kulit kepala dan rambut. Jaga pola hidup sehat, konsumsi makanan bernutrisi, banyak minum air putih dan selalu menjaga kebersihan rambut. Satu lagi, hindari stres karena stres bisa memicu munculnya ketombe dan kerusakan rambut.

Comments

0 comments

Write a comment

Comments are moderated