Lakukan Ini untuk Merawat Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga
Olahraga teratur memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, termasuk untuk kulit. Aliran darah meningkat saat tubuh sedang aktif secara fisik, mengirimkan oksigen dan nutrisi serta membantu sel-sel kulit tetap sehat dan “muda”. Selain itu, aliran darah yang lebih cepat juga mendorong pembuangan sisa-sisa sel kulit mati dan radikal bebas, menjadikan kulit lebih sehat dan cerah.
Akan tetapi, saat sedang berlari atau mengangkat beban, tubuh juga menjadi berkeringat dan lembap. Semua ini terjadi pada kulit, sehingga kulit menjadi kotor setelah berolahraga. Agar rutinitas olahragamu tidak menimbulkan dampak buruk bagi kulit, lakukan langkah-langkah perawatan kulit berikut sebelum dan sesudah berolahraga.

Cara Merawat Kulit Sebelum Berolahraga

Hapus makeup

Lakukan Ini untuk Merawat Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Bagi yang sering memakai makeup pasti tahu bahwa makeup berpotensi menimbulkan berbagai masalah kulit, salah satunya jerawat. Hal ini terjadi karena makeup dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan kulit sulit bernapas.
Saat berolahraga, suhu tubuh meningkat sehingga tubuh akan berusaha mengeluarkan panas itu dengan cara berkeringat. Jika pori-pori tersumbat, keringat serta bakteri yang keluar bersama keringat akan terperangkap di lapisan dalam kulit dan memicu peradangan. Apalagi jika Anda berolahraga setelah pulang kerja, mikropartikel serta polutan juga menempel pada makeup, memperparah penyumbatan pori-pori.
Jika Anda tetap ingin memakai makeup saat berolahraga, carilah makeup dengan label non-comodogenic. Makeup jenis seperti ini memiliki kemungkinan menyumbat pori-pori yang lebih kecil. Akan tetapi pada akhirnya langkah yang paling baik untuk kesehatan kulit adalah berolahraga tanpa makeup.

Kenakan sunscreen tahan air

Lakukan Ini untuk Merawat Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Saat Anda hendak berolahraga di luar rumah, pakailah sunscreen dengan SPF minimal 30. Oleskan dan ratakan di wajah serta bagian-bagian tubuh lain yang tidak tertutup pakaian, seperti lengan, kaki, dan leher. Perlu diperhatikan bahwa sinar ultraviolet dapat menembus jendela dan celah-celah dinding, sehingga dapat menembus kulit meskipun Anda berada di dalam ruangan. Maka dari itu Anda harus mengenakan sunscreen sebelum berolahraga, baik olahraga outdoor maupun indoor.
Karena saat berolahraga tubuh akan banyak berkeringat, cobalah gunakan sunscreen sweat-proof atau sunscreen tahan air. Selain itu, sebelum keluar rumah dan mulai berolahraga, tunggu sampai sunscreen meresap (15-30 menit). Tindakan ini mencegah sunscreen terhapus oleh keringat.

Kenakan antiperspiran

Daripada mengenakan deodoran, lebih baik Anda menggunakan antiperspiran saat akan berolahraga. Deodoran diformulasikan untuk menghambat bakteri yang menyebabkan bau keringat, sementara antiperspiran berfungsi mengurangi keringat itu sendiri (dan juga sekaligus meminimalisir baunya).
Ini lebih baik untuk kulit Anda karena jika keringat yang diproduksi lebih sedikit, bakteri yang menempel pada kulit pun berkurang. Antiperspiran juga dapat digunakan di bagian kulit manapun, tidak hanya pada ketiak.

Bersihkan peralatan olahraga

Lakukan Ini untuk Merawat Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Semua peralatan olahraga sering bersentuhan dengan keringat sehingga terkontaminasi oleh berbagai bakteri. Sebaiknya Anda membersihkan terlebih dahulu alat-alat yang akan Anda gunakan untuk berolahraga, mulai dari matras yoga, barbel, sampai pegangan treadmill, terutama bila Anda berolahraga di gym. Anda tidak ingin bakteri yang entah dari mana asalnya menempel pada kulit Anda, kan?
Penelitian mengungkapkan bahwa bakteri patogen (bakteri penyebab penyakit) dapat ditularkan melalui peralatan gym. Untuk berjaga-jaga, lap peralatan olahraga menggunakan alkohol minimal 60%.
Sekarang Anda sudah selesai berolahraga. Tubuh Anda terasa letih, keringat menuruni punggung dan rasanya Anda ingin berbaring saja selamanya. Eits, tunggu dulu! Jangan berlama-lama terkapar di lantai ya, lebih baik lakukan terlebih dahulu hal-hal di bawah ini supaya kulit Anda tetap sehat.

Cara Merawat Kulit Setelah Berolahraga

    Jangan sentuh wajah

      Lakukan Ini untuk Merawat Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga

      Seperti yang sudah dibahas di atas, olahraga memicu produksi keringat dan pertumbuhan bakteri. Bakteri juga menempel pada kulit saat Anda berlari di luar ruangan atau dari peralatan yang Anda gunakan di fitness center. Maka dari itu, tangan kita yang memang pada dasarnya merupakan sarang bakteri akan tertempel lebih banyak lagi bakteri saat berolahraga.
      Hindari menyentuh wajah setelah berolahraga. Tindakan ini akan menyebarkan bakteri dari tangan ke wajah dan memicu peradangan, yang pada akhirnya muncul di permukaan sebagai jerawat. Anda juga tidak boleh menyeka wajah Anda dengan baju yang Anda kenakan, karena pada baju Anda juga terdapat banyak bakteri yang menempel. Saat berolahraga bawalah handuk kecil bersih untuk menyeka keringat dari wajah.
      Selepas berolahraga, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah cuci tangan kemudian cuci wajah dengan tangan yang sudah bersih. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukan double cleansing. Pembersih wajah berbahan dasar minyak atau susu dapat menghapus keringat dan sisa-sisa sunscreen, kemudian sabun cuci muka membersihkan sisa sel mati dan kotoran lainnya yang masih tertinggal.
      Kalaupun di tempat Anda berolahraga tidak ada wastafel, bawalah hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Kemudian gunakan kapas untuk membersihkan wajah dengan micellar water atau pembersih lain yang tidak perlu dibilas.

        Lepaskan pakaian olahraga dan mandi

          Lakukan Ini untuk Merawat Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga

          Tidak hanya wajah, sebaiknya Anda langsung membersihkan seluruh tubuh usai berolahraga. Daerah yang basah merupakan tempat optimal bagi bakteri untuk berkembang biak. Maka dari itu, lepaskan pakaian olahraga Anda yang bersimbah keringat segera setelah selesai berolahraga.

          Selain itu, bakteri juga berkembang biak pada kulit kita yang berkeringat. Jadi sebaiknya Anda langsung mandi dan membersihkan semua kotoran, keringat, dan bakteri dari tubuh. Saat berolahraga kelembapan kulit berkurang, maka gunakan sabun cair karena sabun cair dapat menjaga kelembapan kulit lebih baik daripada sabun batang. Anda juga dapat memilih sabun yang mengandung bahan antibakteri agar maksimal membunuh bakteri.
          Apabila tidak memungkinkan, paling tidak lap tubuh Anda dengan handuk supaya tidak ada lagi keringat yang menempel, kemudian ganti pakaian bersih. Tapi sebaiknya Anda tetap mandi hari itu juga, jangan tidur sebelum mandi. Kebiasaan tidak membersihkan diri setelah berolahraga dapat mengakibatkan berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri atau jamur, seperti panu dan kurap.
            Gunakan pelembab
              Produksi keringat dalam jumlah besar akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan, termasuk cairan pada kulit. Terpaparnya kulit pada polusi dan kotoran ternyata juga memengaruhi kemampuan kulit mempertahankan kelembapan. Oleh karena itu, penting untuk mengembalikan kelembapan kulit setelah berolahraga. Pelembap juga membantu mendinginkan kulit yang panas selama berolahraga.
              Untuk wajah, Anda dapat menggunakan moisturizer ringan atau moisturizing toner. Kemudian pada tubuh, gunakan body lotion.  Jangan lupa juga untuk kembali mengenakan sunscreen karena sunscreen yang telah Anda aplikasikan sebelumnya sudah terhapus.
              Baik olahraga di dalam maupun luar rumah, kardio maupun aerobik, secara berkelompok maupun sendirian, kulit Anda sudah pasti akan terpengaruh olehnya. Ingatlah untuk memperhatikan kondisi kulit Anda dengan menjaga kebersihan serta kelembapannya supaya kulit Anda tetap sehat.


              Comments

              0 comments

              Write a comment

              Comments are moderated