Cara Merawat Kulit untuk Anda yang Memelihara Hewan

Memelihara hewan memang mengubah banyak aspek dari kehidupan seseorang. Kehadiran binatang dalam rumah Anda dapat membawa kesenangan bagi hidup Anda, namun seperti yang kita semua ketahui, binatang bukanlah makhluk paling bersih di dunia. Jika Anda tinggal dengan mereka, kulit Anda akan sering bersentuhan dengan bakteri dan kotoran.
Berikut tips-tips merawat kulit bagi orang-orang yang memiliki hewan peliharaan, supaya Anda dan binatang kesayangan Anda tetap sehat dan nyaman.
1.  Sering cuci tangan dan mandi

Cara Merawat Kulit untuk Anda yang Memelihara Hewan

Binatang membawa banyak kotoran dan kuman bersama mereka. Melalui interaksi seperti gigitan, goresan, atau sentuhan kulit, hewan peliharaan dapat menjadi sumber lebih dari 70 penyakit manusia (atau lebih).
Bakteri yang dari hewan peliharaan akan menempel pada kulit Anda. Maka dari itu, sebaiknya Anda berhati-hati dan menjaga kebersihan kulit. Cuci tangan tiap kali bermain dengan binatang kesayangan Anda dan mandilah dengan rutin dua kali sehari.
Belum lagi untuk yang memelihara binatang seperti anjing dan kucing, rambut mereka sangat mudah rontok dan menempel di kulit kita. Sering-seringlah mandi supaya tidak gatal, terutama sebelum keluar rumah dan setelah bangun tidur jika tidur bersama peliharaan Anda.
2.  Gunakan sabun antibakteri

Cara Merawat Kulit untuk Anda yang Memelihara Hewan

Sabun pada umumnya memang membersihkan kulit dari kotoran dan kuman. Akan tetapi bagi para pemilik hewan, akan lebih baik lagi bila Anda cuci tangan dan mandi menggunakan sabun yang secara khusus memiliki sifat antibakteri.
Sayangnya dalam beberapa tahun terakhir, banyak penelitian menemukan bahwa beberapa bahan kimia yang ditemukan dalam sabun antibakteri dapat memberi efek buruk pada tubuh dan lingkungan jika digunakan secara jangka panjang. Sebagai alternatif, saat memilih sabun mandi Anda dapat mencari bahan alami yang memiliki sifat antibakteri. Di antaranya adalah madu, propolis, echinacea, daun zaitun, dan cengkeh.
3.  Jangan sentuh wajah setelah bermain dengan peliharaan

Cara Merawat Kulit untuk Anda yang Memelihara Hewan

Kulit wajah memang lebih sensitif dibandingkan kulit bagian tubuh lainnya. Menyentuh wajah akan mengakibatkan penyebaran bakteri dari tangan ke kulit wajah. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan berbagai masalah kulit, terutama timbulnya jerawat.
Orang-orang yang memelihara hewan terpapar pada lebih banyak bakteri dibandingkan yang tidak memelihara hewan. Oleh karena itu, sebelum melakukan skin care pastikan untuk membersihkan tangan dengan bersih, kalau bisa menggunakan pembersih yang mengandung alkohol. Selain itu, minimalisir frekuensi menyentuh wajah dalam kegiatan sehari-hari.
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa manusia kira-kira menyentuh wajah 16 kali dalam satu jam, sementara penelitian lain menyebutkan 23 kali sejam. Kenyataannya memang sulit untuk mendorong kebiasaan menyentuh wajah.
Hal yang dapat dicoba untuk mengurangi kebiasaan tersebut adalah mengenakan sesuatu pada tangan supaya Anda lebih sadar akan tangan Anda dan ingat untuk tidak menyentuh wajah.  Selain itu Anda juga dapat mengubah kebiasaan menyentuh wajah menjadi kebiasaan lain. Misalkan, Ketika Anda merasakan dorongan untuk menyentuh wajah, alih-alih menyentuh wajah, sentuhlah leher Anda atau garuk lengan.
4.  Memandikan binatang peliharaan dan bersihkan barang peliharaanmu secara rutin

Cara Merawat Kulit untuk Anda yang Memelihara Hewan

Tentunya supaya kulit kita tidak terpapar bakteri dari hewan peliharaan yang kita miliki, kita harus rajin membersihkan peliharaan kesayangan kita. Anjing dan kucing secara umum direkomendasikan untuk mandi sebuan sekali, namun hal ini dapat berbeda tergantung jenis dan kondisi masing-masing hewan. Carilah informasi detail mengenai cara membersihkan peliharaanmu secara spesifik, baik dari internet maupun dari para profesional (pekerja di pet grooming shop atau dokter hewan).
Selain dari memandikan secara rutin, ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga peliharaan Anda—dan juga kulit Anda—bersih. Jika memelihara anjiing atau kucing, bersihkan dan lap cakarnya tiap hari supaya tidak menyebarkan jejak urin dan feses. Untuk anjing, terutama yang rambutnya panjang, selain mandi mereka juga butuh sering disisir supaya tidak menjadi sarang bakteri dan jamur.
Selain dari binatang peliharaan itu sendiri, benda-benda yang mereka gunakan sehari-hari juga harus dibersihkan dengan rutin. Yang terutama tentunya tempat buang air mereka harus sering-sering dibersihkan agar tidak meninggalkan bakteri. Barang-barang seperti rantai, tempat makan, tempat tidur, dan mainan binatang juga harus rutin dibersihkan dengan desinfektan.
5.  Jaga kelembaban kulit

Cara Merawat Kulit untuk Anda yang Memelihara Hewan

Baik disengaja atau tidak, hewan peliharaan terkadang mencakar atau menggigit kulit pemiliknya. Kulit yang kering apalagi jika sampai bersisik akan lebih mudah terluka. Bayangkan jika bibir Anda kering maka akan lebih mudah pecah-pecah dan bahkan berdarah, bukan? Kuilit pun juga seperti itu, jika kekurangan kelembapan akan lebih rapuh dan mudah terluka.
Jika Anda ingin meminimalisir kemungkinan terluka oleh peliharaan Anda, tingkatkanlah kelembapan kulit Anda. Gunakan body wash (sabun cair) karena memiliki sifat lebih melembapkan daripada sabun batang. Sabun batang mengandung bahan yang terlalu mengangkat minyak natural dari kulit sehingga kulit menjadi lebih kering. Di sisi lain, body wash tidak hanya diformulasikan untuk membersihkan melainkan juga menghidrasi kulit.
Selain itu, untuk memaksimalkan kelembapan, Anda juga dapat menggunakan body lotion setelah mandi. Body lotion membantu kulit mengunci  kelembapan sehingga kulit terhidrasi dari dalam.
6.  Biarkan body lotion meresap sebelum bermain dengan peliharaan

Cara Merawat Kulit untuk Anda yang Memelihara Hewan

Tiap kali menggunakan body lotion, moisturizer, dan skincare krim lainnya, tunggu sampai body lotion meresap dengan baik (10-15 menit) sebelum bermain bersama anjing atau kucing Anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah mereka menjilati body lotion dari kulit Anda. Beberapa bahan dalam body lotion jika sering dijilat oleh binatang dapat berakibat buruk bagi pencernaan mereka. Akan tetapi bila body lotion sudah meresap tidak akan menimbulkan efek samping. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan supaya tidak ada sisa produk pada telapak tangan yang dapat dijilat oleh peliharaan Anda.
7.  Jika tercakar, oleskan minyak supaya tidak ada bekas luka

Cara Merawat Kulit untuk Anda yang Memelihara Hewan

Bila Anda sudah terlanjur tercakar oleh peliharaan Anda, pasti Anda tidak ingin luka itu membekas dan mengganggu penampilan kulit Anda. Untuk mencegah bekas luka, Anda dapat mengoleskan bahan-bahan alami yang mengandung zat dan antioksidan yang bersifat anti inflamasi saat luka sudah kering. Beberapa bahan yang efektif antara lain minyak kelapa dan minyak zaitun.
Minyak kelapa mengandung asam lemak dan mikronutrisi yang membantu membalikkan kerusakan dan melembapkan kulit. Oleskan tiap hari pada luka yang sudah kering dan luka akan mulai samar dalam 10 hari saja. Sementara itu, minyak zaitun kaya akan antioksidan serta vitamin K dan E yang efektif menghilangkan bekas luka.
Beberapa bahan alami lainnya yang dapat membantu menghilangkan bekas luka antara lain teh hijau, lidah buaya, madu, bawang merah, dan timun. Anda dapat mengoleskannya atau melakukan scrubbing pada bekas luka.
Hewan peliharaan memang membutuhkan banyak perawatan dan dengan kehadiran mereka dalam rumah Anda, Anda juga sebaiknya merawat diri Anda dengan lebih baik. Lakukan tips-tips di atas supaya kulit Anda tetap sehat dan peliharaan Anda juga sehat dan senang.

Comments

0 comments

Write a comment

Comments are moderated