Cara menghaluskan rambut yang kering dan kasar dengan mudah

Memiliki rambut halus dan mudah diatur merupakan idaman bagi setiap wanita. Tidak heran, jika wanita berlomba-lomba untuk mendapatkan rambut selembut sutra hingga merogoh kocek yang dalam. Tetapi Kini  memiliki rambut halus tidak lagi impian belaka untuk mendapatkannya pasalnya ada cara yang mudah dilakukan untuk diterapkan di rumah.
Ada banyak cara untuk mendapatkan rambut halus dan lembut yang dapat kamu coba, tetapi sebelum mengetahui caranya sebaiknya kenali dulu penyebab rambut kering dan sulit diatur.
Terlalu sering terkena hair dryer dan catok

Cara menghaluskan rambut yang kering dan kasar dengan mudah

Tahukah kamu, jika terlalu sering menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut dan mencatok terlalu sering dapat menyebabkan rambut kering, kusam, dan susah diatur. Oleh karena itu, sebaiknya hindari untuk menggunakan hair dryer dan catok karena dapat merusak kutikula rambut akibat panas berlebihan.
Keramas setiap hari
Keramas memang tidak ada yang salah karena untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari debu dan kotoran tetapi bila terlalu sering keramas dapat mengakibatkan rambut menjadi kering dan susah diatur. apalagi saat memakai sampo yang memiliki formula keras dapat membersihkan seluruh kulit kepala dan rambut serta mengangkat seluruh minyak alami pada rambut. Sampo tersebut dapat membuat minyak alami pada rambut hilang dan akibatnya rambut menjadi kering dan mengembang.
Mengikat rambut terlalu kencang

Cara menghaluskan rambut yang kering dan kasar dengan mudah

Rambut apabila terlalu sering diikat dan kencang dapat mengakibatkan kutikula rambut menjadi patah dan rusak. Hal ini sering terjadi dan banyak dilakukan wanita. Oleh karena itu sebaiknya hindari terlalu sering mengikat rambut apabila keadaan tidak memungkinkan, kamu bisa mengikat rambut  tetapi jangan terlalu kencang agar tidak menimbulkan rambut patah.
Sering mewarnai rambut
Semua wanita pasti sudah mencoba untuk mewarnai rambut tetapi apa kamu tahu jika terlalu sering mewarnai rambut dapat menyebabkan rambut menjadi kering, mengembang, dan sulit diatur. karena, produk untuk mewarnai rambut mengandung formula keras yang mengakibatkan kutikula rambut menjadi tipis dan bercabang. Sebaiknya jangan terlalu sering mewarnai rambut dan mulailah untuk merawat rambut seperti menggunakan vitamin rambut dan serum rambut untuk melindungi rambut dari bahan kimia produk pewarna rambut.
Tapi jangan khawatir karena ada banyak cara untuk melembutkan rambut yang kasar dan mengembang. Berikut 5 cara menghaluskan rambut yang kering dan kasar dengan mudah dan cepat.
1. Selalu gunakan kondisioner setelah keramas
Keramas dengan sampo saja tidak cukup untuk perawatan rambut, minimal kamu gunakan kondisioner setelah keramas agar membuat rambutmu menjadi sehat dan lembut.
Gunakan kondisioner setelah keramas dan hindari menggunakan kondisioner pada kulit kepala karena dapat membuat kulit kepala menjadi berminyak dan berketombe. Gunakan hanya pada ujung rambut dan biarkan selama 2-3 menit agar terserap khasiatnya lalu bilas dengan air hingga bersih.
2. Gunakan produk yang tidak mengandung silikon, alkohol, dan sulfat
Salah satu cara menghaluskan rambut kering dan kasar dengan mudah ialah menjauhi produk yang mengandung silikon, sulfat, dan alkohol. Silikon adalah bahan yang dapat menghalangi penyerapan nutrisi dan kelembaban pada rambut sedangkan untuk bahan alkohol dan sulfat sendiri ialah dapat membuat rambut menjadi ‘dehidrasi’ dan kering yang menyebabkan rambut dan kulit kepala kehilangan minyak alami. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan produk rambut yang mengandung bahan alami atau organik karena memiliki pelembab alami untuk merawat rambut kering dan kasar.
3. Gunakan masker rambut
Memakai masker rambut adalah salah satu alternatif untuk mengatasi rambut kering dan kasar. Ternyata penggunaan masker rambut bertujuan untuk melembutkan rambut yang sering terkena bahan kimia dan disebabkan juga oleh faktor lingkungan. Kamu dapat menggunakan masker rambut dengan bahan alami ataupun masker rambut yang dijual di pasaran. Gunakan masker rambut setidaknya 1 atau 2 kali dalam seminggu untuk hasil optimal. gunakan setelah keramas dan ratakan masker rambut ke seluruh rambut dan biarkan selama 20-30 menit lalu dibilas dengan air hingga bersih. Disarankan untuk menggunakan masker  rambut yang sesuai dengan kondisi rambut dan permasalahan rambutmu.
4. Potong ujung rambut setiap 2 bulan sekali

Cara menghaluskan rambut yang kering dan kasar dengan mudah

Cara menghaluskan rambut yang kering dan kasar yang keempat ialah memotong ujung rambut setiap sebulan sekali untuk menghindari rambut kering dan bercabang. Setelah melakukan perawatan rambut menggunakan masker rambut langkah selanjutnya ialah memotong ujung rambut untuk membuat tampilan rambut menjadi sehat. Rutin memotong rambut sebulan sekali  agar terhindar dari ujung rambut yang kering dan bercabang. Disarankan untuk memotong ujung rambut di salon agar menghasilkan tatanan rambut yang bagus dan keren.
5. Pilih kandungan produk bahan alami
Perhatikan bahan alami yang terkandung di dalam produk sampo maupun kondisioner karena jika terdapat kandungan tersebut maka rambut yang semula kering dan kasar akan berubah menjadi lembut dan mudah di atur. Biasanya produk sampo maupun kondisioner yang sering dipakai ialah seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak Argan, dan shea butter.
Itulah 5 cara menghaluskan rambut dengan mudah dan dapat kamu coba di rumah, hindari semua penyebab rambut kering karena, sering kali kita tidak menyadari secara langsung aktivitas sehari-hari juga berdampak pada kerusakan rambut. Cobalah cara-cara tersebut untuk mengatasi rambut kering dan kasar sehingga mudah ditata dan halus.



Comments

0 comments

Write a comment

Comments are moderated