Atasi kulit kepala mengelupas dengan cara ini!

Kulit kepalamu mengelupas dan ditambah lagi rambutmu berketombe?. Awas hati-hati karena masalah tersebut dapat mengancam kepercayaan dirimu dan apabila tidak cepat ditangani dapat berdampak ke masalah yang lebih serius lagi. Tidak mudah dalam menangani kasus tersebut, tetapi jika tidak dilakukan tindakan yang cepat maka akan semakin parah keadaan. Rasanya malas bila kita saat berada di tempat umum sedang berdandan merapikan rambut dan melihat ketombe serta kulit kepala banyak ketombenya.
Sebelum lanjut ke solusi dalam mengatasi kulit kepala mengelupas alangkah sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa penyebab kulit kepala menjadi mengelupas dan apakah sama dengan ketombe agar tidak terjadi beda pemahaman. Kondisi saat kulit kepala menjadi mengelupas karena dibagi beberapa faktor antara lain faktor eksternal dan internal.
Faktor eksternal seperti kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kulit kepala menjadi mengelupas sedangkan untuk faktor internalnya meliputi hormon yang tidak stabil, perubahan cuaca, keturunan, pengaruh konsumsi obat-obatan, serta mempunyai penyakit kulit yang disebabkan oleh perkembangbiakan jamur dan peradangan sel kulit.
Setelah mengetahui penyebab dari kulit kepala bisa mengelupas, sebaiknya kamu atasi dengan cara di bawah ini agar tuntas dalam menangani masalah pada rambut:
1. Pilih Sampo Anti Ketombe
Salah satu kunci membuat rambut sehat dan efektif dalam menangani kulit kepala mengelupas dan ketombe adalah memakai sampo anti ketombe. Kamu bisa saja memakai sampo apa saja tetapi alangkah lebih baiknya jika memakai sampo yang khusus untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala mengelupas.
Karena, kulit kepala yang mengelupas adalah kondisi di mana kulit kepala menjadi sensitif dan tidak sehat. Gunakanlah sampo yang mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang memiliki formula yang dapat merawat rambut sampai ke dalam agar memberikan perlindungan lebih lama terhadap ketombe.
2. Pakai Conditioner Dengan Baik dan Benar
Ingat! Perawatan rambut dengan sampo saja tidak cukup oleh karena itu, gunakan conditioner setelah keramas agar perawatan rambut semakin maksimal. Tetapi apakah kamu tahu jika memakai conditioner harus dengan teknik yang benar. Kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang ialah memakai conditioner pada kulit kepala. Padahal cara tersebut sanggatlah salah dan dapat menyebabkan ketombe semakin parah.
Conditioner yang dipakai pada kulit kepala juga dapat menjadi endapan minyak dan apabila tidak dibersihkan dengan bersih akan mengakibatkan penumpukan pada kulit kepala. Jika kamu mempunyai ketombe endapan conditioner yang terdapat pada kulit kepala akan menjadi kotoran dan kulit kepala menjadi mengelupas.
Cukup pakai conditioner pada bagian tengah sampai ujung rambut lalu bilas dengan air hingga bersih.
3. Minyak Kelapa Dijadikan Masker Rambut

Atasi kulit kepala mengelupas dengan cara ini!

Minyak kelapa memiliki lemak alami yang dapat mengobati kulit kepala mengelupas. Biasanya kulit kepala yang mengelupas adalah tanda bahwa kulit kepala kering.
Jika kamu ingin minyak kelapa dijadikan masker rambut ketahui dulu tekniknya agar tidak salah dalam mengaplikasikannya. Setelah keramas, lumuri minyak kelapa di kulit kepala sampai ujung rambut sembari dipijat perlahan diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air hangat gunanya untuk menghilangkan minyak yang ada di rambut. Selanjutnya gunakan kondisioner dan bilas dengan air dingin agar terlihat berkilau.
Minyak kelapa dapat membuat rambutmu terasa halus dan lembut karena mempunyai minyak alami yang terkanfung di dalam minyak kelapa. Kamu dapat memakai masker rambut ini setiap seminggu 1-2 kali agar dapat terasa khasiatnya. Karena kulit kepala mengelupas itu tandanya kering maka gunanya minyak kelapa untuk memberikan pelembab alami pada kulit kepala.
4. Scrub Gula
Gula tidak hanya penambah cita rasa manis di mulut tetapi gula juga dapat dijadikan scrub alami untuk kulit kepala mengelupas. Memang cara ini jarang ada yang mengetahui tetapi di sini kamu sudah tau kegunaan gula untuk mengatasi kulit kepala mengelupas. Tekstur gula yang kasar dapat bekerja untuk mengeksfloisasi kulit kepala dengan lembut dan memberikan kelembaban alami pada rambut.
Yang perlu kamu siapkan yaitu 3 sdm gula dan ½ sdm minyak kelapa, kedua bahan alami tersebut sangat cocok untuk mengobati kulit kepala meengelupas. Caranya balurkan kedua bahan campuran tersebut ke kulit kepala dan gosokkan ke kulit kepala sambil di pijat. Selanjutnya bersihkan dengan sampo lalu bilas dengan air hangat dan gunakan conditioner pada ujung rambut lalu bilas dengan air dingin.
5. Jadikan Kulit Kepala Tetap Bernapas
Kulit kepala mengelupas salah satu penyebabnya ialah dimana kulit kepala terlalu berminyak dan lembab. Mungkin disebabkan oleh kita yang sering menggunakan topi, helm, maupun memakai hijab terlalu lama dan dalam keadaan rambut setelah keramas.  Apalagi ditambah dengan cuaca yang sedang terik2nya dapat menyebabkan kulit kepala menjadi berketombe dan berminyak alhasil kulit kepala menjadi mengelupas.
Solusi terbaik untuk menghindari kulit kepala mengelupas ialah jangan terlalu lama menggunakan penutup kepala dan pastikan rambutmu benar-benar kering saat memakai jilbab agar terhindar dari rambut berminyak.
6. Memakai Lidah Buaya
Lidah buaya dapat juga digunakan untuk mengatasi kulit kepala mengelupas dan mengatasi ketombe. Kandungan dari lidah buaya bersifat menenangkan dan meredakan gatal-gatal pada kulit kepala. Kamu bisa menggunakan lidah buaya asli ataupun gel lidah buaya yang di jual di pasaran untuk mengobati ketombe dan kulit kepala mengelupas. Caranya mudah dan simpel yaitu dengan Usapkan pada kulit kepala yang gatal dan mengelupas pijat-pijat pada kulit kepala selama 1-2 menit lalu bilas dengan sampo dan air dengan bersih. Ulangi cara ini minimal 2-3 kali seminggu agar kulit kepala mengelupas.
7. Obati Dengan Minyak Tea Tree Oil

Atasi kulit kepala mengelupas dengan cara ini!

Minyak tea tree oil dapat meredakan kulit kepala mengelupas karena memiliki senyawa yang aktif untuk mengatasi kulit kepala yang mengelupas. Tidak hanya itu tea tree oil banyak dijumpai untuk digunakan sebagai komposisi bahan produk sampo maupun skincare lainnya. Tea tree oil  memiliki banyak sekali manfaat yang dapat kamu peroleh untuk menjaga dan merawat rambut agar kuat dan sehat.
Tetapi tidak semua orang cocok dengan minyak tea tree Oil ini, ada yang memiliki reaksi alergi terhadap bahan ini. Jika memiliki riwayat alergi sebaiknya hindari untuk memakai bahan ini. Cara agar kamu dapat mengetahui memiliki alergi terhadap bahan ini cobalah ambil beberapa tetes minyak tea tree oil lalu oleskan ke tangan tunggu beberapa menit jika dirasa tangan yang sudah diolesi bahan ini terasa gatal. Sebaiknya hindari menggunakan bahan jika memiliki riwayat alergi.
Cara menggunakan bahan ini ke kulit kepala mengelupas ialah ambil beberapa tetes minyak tea tree Oil lalu usapkan pada kulit kepala yang mengelupas, pijat-pijat selama 2 menit lalu bilas dengan air dan sampo untuk membersihkan kulit kepala yang mengelupas dari rambut. Ulangi cara ini selama 2-3 kali dalam seminggu sampai kulit kepalamu terasa berkurang ketombenya.
8. Jaga Kebersihan Rambut
Kebersihan rambut merupakan poin penting untuk menjaga rambut agar terhindar dari ketombe, berminyak maupun lepek, rontok, kering dan bercabang, maupun kulit kepala yang mengelupas. Tidak mau kan sudah tampil cantik-cantik tetapi rambut masih terdapat ketombe, rontok, bahkan terlihat seperti kulit kepala mengelupas? Iya, semua wanita ingin tampil cantik dengan rambut yang terlihat sehat dan berkilau. Tetapi jika kamu saja tidak mau menjaga kebersihan rambut jangan harap memperoleh rambut idaman.
Tidak usah pusing dan ribet memikirkan rambutmu yang susah di atur, itu mungkin rambutmu membutuhkan kasih sayang dari sang pemilik rambut. Eitss, bukan kasih sayang seperti layaknya seorang kekasih tetapi kasih sayang yang dimaksud di sini ialah membutuhkan perawatan dan kebersihan rambut yang ekstra. Jangan kira rambutmu tidak membutuhkan itu semua mustahil untuk mendapatkan rambut idaman.
Jauhkan dan hindari rambutmu dari asap, debu, dan polusi karena dapat mengakibatkan infeksi jamur pada kulit kepalamu. Disarankan untuk setiap aktivitas yang membuat keringat berlebih untuk membersihkan rambut menggunakan sampo dan conditioner agar rambut tidak apek dan berminyak.
Itulah 8 cara yang dapat mengatasi kulit kepala mengelupas dan atasi masalah rambut lainnya. Pilih salah satu cara tersebut yang mana cocok dengan kulit kepala dan rambutmu. Bila sudah menemukan salah satu cara yang dapat mengatasi kulit kepala mengelupas, rutinlah untuk melakukannya agar dapat berkurang kulit kepala yang mengelupas. Semoga semua cara tersebut cocok dan berhasil kamu praktikkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga kulit kepalamu yang mengelupas dapat berkurang.

Comments

0 comments

Write a comment

Comments are moderated