8 tips agar rambut sehat berkilau pancarkan aura cantikmu

Memiliki rambut panjang dan sehat tentu idaman bagi semua wanita baik yang memiliki rambut panjang maupun pendek. Tidak heran, para wanita berlomba-lomba ke salon hingga merogoh kocek yang tidak sedikit untuk mendapatkan rambut sehat dan berkilau. Eiittss, tunggu dulu nih Ladies, kamu dapat memiliki rambut sehat dan berkilau hanya di rumah saja tanpa perlu repot-repot ke salon. 8 tips ini dapat kamu terapkan ke kehidupan sehari-hari tanpa menguras tenaga lho, tips ini juga cocok dengan ibu rumah tangga maupun wanita karier yang sekarang ini sedang WFH (Work From Home).
Percaya tidak, jika ingin mendapatkan rambut sehat dan berkilau bukan hanya sekadar memakai produk mahal dan tertentu saja tetapi juga dengan tips yang dapat mengubah kebiasaan sehari-harimu dalam merawat rambut. Ya, tips ini juga dapat mengubah pola hidup sehari-hari dalam merawat rambutmu agar tidak terjebak dalam mitos yang palsu. Simak tips cara agar rambut sehat berkilau berikut ini!
1. Perubahan Pada Kondisi Rambut
Perhatikan kondisi rambutmu, apakah sekarang rambutmu menjadi berketombe, rontok, bercabang atau pun kering itu mungkin tanda bahwa rambutmu mulai tidak sehat dan membutuhkan perawatan ekstra. Biasanya itu dapat terjadi karena perubahan iklim maupun pola hidup sehari-hari, besar kemungkinan rambut menjadi stres  sehingga rambut menjadi mudah rapuh dan mudah sekali rontok.
Pola hidup sehari-hari seperti mengeringkan rambut dengan hairdryer, mencatok rambut, maupun terlalu sering sasak rambut juga dapat mengakibatkan rambut menjadi stres sehingga dapat menimbulkan masalah rambut lainnya. Berikan serum rambut untuk menguatkan akar rambut dan melindungi rambut dari paparan alat stylist rambut langsung dan potong ujung rambut setidaknya setiap 2 bulan sekali untuk menghindari rambut bercabang dan kering. Jangan lupa untuk memberikan nutrisi rambut dari dalam dengan memberi asupan bergizi  seperti memakan sayur-sayuran, buah-buahan, maupun vitamin setiap harinya agar rambut menjadi sehat dan berkilau.
2. Keramas Dengan Benar
Tips yang kedua ialah perhatikan saat kamu membersihkan rambut dengan menggunakan sampo dengan benar. Keramas merupakan hal sepele yang juga dapat menyebabkan kerusakan rambut, sampo yang beredar di pasaran sanggatlah banyak tetapi kamu juga harus cermat dengan bahan yang terkandung di dalam sampo tersebut agar tidak menimbulkan kerusakan pada rambut. Terkadang kita tidak cermat dalam memilih sampo dengan kebutuhan kita, oleh karena itu sebaiknya ketahui dulu bahan kimia apa saja yang terkandung di sampo tersebut. jauhi jika terdapat bahan kimia seperti Sodium laureth Sulfate (SLS), Parabens, dan bahan kimia lainnya yang dapat membuat rambut kering. Gunakan sampo yang mengandung bahan-bahan alami agar rambut tetap sehat dan berkilau, sebaiknya keramas setiap 2-3 kali dalam seminggu agar terhindar dari rambut kering maupun berminyak. Setelah keramas dengan sampo jangan lupa untuk tetap memberikan kondisioner setelah keramas karena sampo saja tidak cukup untuk perawatan setiap harinya. Pilihlah sampo dan kondisioner yang sesuai dengan kondisi rambutmu.
3. Beri perlindungan ekstra
Saat kita beraktivitas di luar ruangan tentu rambut juga terpapar oleh debu, polusi, dan sinar matahari langsung oleh karena itu penting sekali memberikan perlindungan ekstra kepada rambut agar senantiasa rambut tetap terlindungi dari debu maupun sinar matahari. Gunakan produk yang dapat melindungi rambut dari polusi maupun sinar matahari seperti serum rambut, pelembab rambut, maupun vitamin rambut saat ke luar ruangan, atau juga bisa memberi perlindungan rambut dengan cara memakai scarf, topi, maupun dengan memakai jilbab. Lagi pula tidak ada salahnya kan bergaya dengan memakai aksesoris rambut  ataupun jilbab sekaligus melindungi rambut dari polusi dan sinar matahari.
4. Berikan Perlindungan Ekstra Ketika Basah
Setelah keramas, rambut menjadi basah dan rentan terhadap kerontokan rambut. Setiap kali kita sehabis keramas pasti menjumpai rambut rontok dan tidak heran rambut yang rontok jumlahnya terlalu banyak. Sudah memakai produk yang dapat mengatasi rambut rontok tetapi masih saja rontok dan malah semakin parah. Eits, tunggu dulu nih Guys mungkin tidak cukup hanya perawatan rambut menggunakan produk saja  dalam mengatasi rambut rontok tetapi juga mengatur kebiasaan sehari-harimu yang menyebabkan rambut rontok seperti mengubah kebiasaanmu saat mengusap dengan handuk terlalu keras. Rambut ketika basah menjadi rentan rapuh dan apabila kita mengusap rambut dengan keras menggunakan handuk maka yang terjadi ialah rambut menjadi rontok parah.
Sebaiknya, rambut ketika basah jangan digesekkan terlalu keras dengan handuk melainkan usap dengan lembut memakai handuk dengan cara  tepuk-tepuk perlahan rambut dan gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut ketika setengah kering agar rambut tidak mengalami kerontokan yang parah. Setelah setengah kering gunakan vitamin rambut dari kepala sampai ujung rambut dan pijat perlahan selama kurang lebih 2 menit agar kandungannya meresap dengan sempurna.
5. Jangan Biarkan Rambut Tergerai Saat Tidur

8 tips agar rambut sehat berkilau pancarkan aura cantikmu

Trik ini cocok sekali dengan pemilik rambut panjang karena caranya mudah dan tidak bikin ribet. Untuk pemilik rambut panjang tidak ada salahnya mencoba trik ini. Caranya sebelum tidur kepang rambut menjadi 2 bagian, pastikan kamu tidak mengepang rambut terlalu kencang tetapi kendurkan saja. tujuannya ialah agar rambut tidak bergesekan satu sama lain yang mengakibatkan rambut menjadi kusut setelah bangun tidur.
6. Gunakan Lidah Buaya Sebagai Pelembab Alami

8 tips agar rambut sehat berkilau pancarkan aura cantikmu

Lidah buaya dikenal dari dulu dalam perawatan rambut yang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut sehingga terlihat lebih lebat, tebal, dan subur sangat cocok bagi yang memiliki rambut tipis dan rusak. Oleh karena itu, lidah buaya berkhasiat bagi kesehatan rambut untuk dijadikan masker alami caranya ialah cukup ambil 1 buah lidah buaya pisahkan lendir dan dagingnya, kamu dapat menggunakan sebagai masker  dengan mengambil daging lidah buaya lalu haluskan kemudian usapkan ke kulit kepala sampai ujung rambut tunggu 15-30 menit setelah itu bilas menggunakan sampo dan air hingga bersih.
7. Olive Oil Merawat Rambut Sehat
Siapa yang tidak kenal dengan bahan yang satu ini? ya, tentu sudah  sering kali kita temukan Olive Oil digunakan pada dunia kecanyikan untuk merawat rambut maupun kulit seperti digunakan sebagai pembuatan hand & body lotion, sampo,kondisioner, dan pelembab wajah. Olive oil memiliki kandungan vitamin E yang memberikan nutrisi untuk rambut agar tetap lembab dan sehat dalam jangka waktu yang lama. Usapkan ke rambut dan biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air dan sampo sampai bersih tanpa meninggalkan residu minyak di kulit kepala.
8. Keramas Menggunakan Air Dingin

8 tips agar rambut sehat berkilau pancarkan aura cantikmu

Air dingin ternyata memiliki manfaat membuat peredaran darah menjadi lancar dan mencegah rambut rontok. Selain itu, air dingin mampu menjaga kekuatan akar rambut agar tidak mudah rapuh dan juga membuat rambut berkilau dan halus. Caranya ialah kamu keramas seperti biasanya lalu kamu  ganti air biasa dengan air dingin saat kamu membilasnya. Manfaat menggunakan air dingin sebagai air bilasan setelah keramas adalah bagus bagi kesehatan rambut terutama bagi kamu yang memiliki masalah rambut rontok, tidak ada salahnya mencoba cara ini.
Itulah 8 tips untuk membuat kilau rambut sekaligus juga mengatasi maslah pada rambut, selain memakai 8 tips di atas juga kamu harus mengubah kebiasaan sehari-hari yang dapat membuat rambutmu semakin parah dan jangan lupa untuk memakan makanan yang  bergizi agar rambut tetap sehat dan berkilau. Selamat mencoba!

Comments

0 comments

Write a comment

Comments are moderated