7 Alasan Mengapa Perlu Merawat Kulit Sedari Kecil

Tahukah Bunda, perawatan kulit tidak hanya penting untuk orang dewasa saja. Sebagai orang tua, bunda juga perlu menjaga dan merawat kulit anak agar tetap cantik dan sehat. Kulit merupakan bagian lapisan luar tubuh yang mudah terkena kotoran, debu, polusi dan zat asing lainnya. Maka dari itu, menjaga kebersihan dan kesehatan kulit penting dimulai sedari kecil.

Perawatan kulit sebaiknya dimulai sejak dini dengan produk yang sesuai usia dan kondisi kulit. Bunda bisa mulai memperhatikan kebutuhan kulit si kecil sejak bayi. Perawatan kulit si kecil memerlukan perhatian khusus seiring perkembangan anak karena kebutuhan kulit akan berbeda seiring bertambahnya usia anak. Mengapa bunda perlu merawat kulit anak? Yuk, simak alasannya berikut ini!

1. Mencegah Masalah Kesehatan Kulit

Tahukah Bunda, masalah kulit bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak? Ya, perawatan kulit yang tepat sejak anak usia muda akan membuat kulit cantik dan sehat. Salah satu alasan mengapa perlu merawat kulit anak yaitu untuk mencegah masalah dan penyakit kulit. Masalah kesehatan kulit pada anak bisa terjadi karena berbagai faktor. Salah satu penyebab masalah kulit pada anak yaitu karena kulit kurang terjaga kebersihannya.

Sebagai orang tua, penting untuk merawat anak agar memiliki kulit bersih setiap saat. Sebagai orang tua kita perlu memberi contoh yang baik dalam merawat kulit agar si kecil terbiasa merawat dan menjaga kesehatan kulit sejak dini. Ajari si kecil untuk rajin mencuci tangan sejak dini menggunakan sabun ya, Bunda. Tangan merupakan area yang paling mudah terkena kuman, kotoran atau bakteri. Jika tangan anak dibiarkan kotor, maka bisa menyebabkan bagian tubuh lain yang tersentuh tangan terkena kotoran tersebut.

Bunda perlu tahu, masalah kesehatan kulit yang biasa menyerang anak di antaranya adalah ruam, jerawat, kulit kering, infeksi kulit dan alergi. Selain itu, kulit anak yang tidak terjaga kebersihannya akan lebih mudah mengalami infeksi seperti gatal-gatal, jamur kulit dan sebagainya. Tentu Bunda tidak ingin si kecil mengalami hal ini.

Bunda bisa pilih sabun cuci tangan yang bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga termasuk si kecil. Pastikan formula dalam sabun cuci tangan aman, lembut di kulit dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit anak. Bunda bisa mengajak si kecil mencuci tangan sambil menceritakan pentingnya mencuci tangan. Dengan begitu anak akan lebih sadar tentang pentingnya merawat dan menjaga kebersihan kulit. Selain menjaga kesehatan kulit, rajin mencuci tangan juga bisa mencegah penyakit masuk ke tubuh.

2. Membuat Kulit Bersih dan Segar

Perawatan kulit bukan hanya untuk mendapatkan kulit cantik saja, tetapi perawatan kulit juga bertujuan supaya kulit bersih dan segar. Anak-anak sangat suka mencoba hal-hal baru. Maka dari itu, risiko kulit terkontaminasi kotoran dari luar lebih besar. Bunda harus bisa meningkatkan kesadaran si kecil tentang pentingnya merawat kulit sejak dini.

Mengajak si kecil untuk merawat kulit bersama sejak dini dapat meningkatkan hubungan ibu dan anak. Yuk, Bunda ajari dan ajak si kecil untuk lebih giat membersihkan kulit mulai sekarang. Si kecil wajib mandi dua kali sehari dan rutin membersihkan wajah. Jangan menyuruh anak mandi sambil marah ya, Bun. Hal itu bisa membuat si kecil justru merasa malas dan takut untuk mandi. Buatlah si kecil nyaman untuk mandi supaya bisa membersihkan kulit dan tubuh secara maksimal.

Bunda bisa mengajak si kecil untuk memilih sabun favoritnya sendiri. Sabun anak-anak biasanya punya aroma yang disukai si kecil. Pastikan sabun pilihan si kecil mengandung formula yang tepat dan tidak membuat iritasi atau alergi. Sabun favorit akan membuat si kecil lebih semangat untuk mandi dengan hati gembira.

Jika usia si kecil masih di bawah lima tahun, Bunda perlu mendampingi si kecil saat mandi. Sambil menemani mandi, Bunda bisa ceritakan hal-hal menarik tentang merawat kebersihan dan kesehatan kulit. Bunda perlu mengawasi anak-anak yang masih di bawah usia tujuh tahun ketika mulai mandi sendiri agar kulit bersih dan sehat.  

3. Menjaga Kelembaban Kulit

Bunda, alasan pentingnya merawat kulit adalah untuk menjaga kelembaban kulit anak. Kelembaban kulit juga hal penting bagi anak-anak untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat sejak. Pastikan kulit anak terjaga kelemababannya sebagai kunci kulit sehat. Kulit yang lembab berarti terhidrasi dengan baik dan akan bermanfaat hingga anak dewasa. Salah satu manfaat kulit lembab ketika penggunaan produk perawatan kulit akan lebih maksimal hasilnya.

Jika kulit anak Bunda lembab maka lebih mudah melakukan regenerasi sel sehingga tidak terjadi penumpukan sel kulit mati. Sel kulit mati ini yang bisa membuat kulit anak dan orang dewasa menjadi kusam. Selain itu, kulit kering karena kurang terhidrasi akan lebih mudah mengalami masalah kulit.

Ayo, Bunda mulai mengajak anak supaya mau menjaga kelembaban kulit. Kini, banyak produk pelembab kulit seperti sunscreen, krim pelembab atau lotion yang diproduksi untuk anak-anak, Bun. Penggunaan sunscreen untuk menjaga kelembaban sekaligus melapisi kulit dari efek buruk sinar matahari pada anak. Krim pelembab wajah dan hand body lotion penting untuk melembabkan dan menghidrasi kulit. Hand body lotion sebaiknya rutin digunakan setiap habis mandi untuk mengembalikan kelembaban kulit anak, ya.

Tips memilih hand body lotion yang baik adalah yang mampu melembabkan sekaligus melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Sakura First Love Lotion merupakan lotion serba guna yang mengandung formula pilihan dan aman untuk segala jenis kulit. Sakura First Love Lotion dibuat dari komposisi alami cherry blossom, coconut oil, shea butter dan lain-lain.

Hal yang tak kalah penting dalam memilih lotion adalah kandungan formulanya. Sakura First Love Lotion mengandung glycerin yang kaya manfaat. Glycerin mampu menjaga kelembaban kulit sepanjang hari, mencegah kulit kering, menenangkan kulit, membantu mengatasi infeksi kulit, alergi atau jamur kulit. Selain glycerin, Sakura First Love Lotion juga mengandung prunus speciosa flower sebagai antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas pada kulit.

4. Meningkatkan Fungsi Kulit

Tahukah Bunda, kulit memegang peran penting dalam kesehatan tubuh? Yuk, simak apa saja fungsi kulit?

a. Pelindung Tubuh

Kulit sebagai pelindung tubuh paling utama. Maka dari itu, penting merawat kulit tetap bersih, sehat dan ternutrisi dengan baik. Kulit berperan melindungi tubuh dari serangan kuman, bakteri, virus dan benda asing dari luar tubuh lainnya. Selain itu, kulit juga melindungi otot, pembuluh darah, tulang dan organ lain dalam tubuh.  

b. Menjaga Suhu Tubuh

Kulit dapat memberi respon dan mengirim sinyal ke otak jika terjadi kenaikan atau penurunan suhu tubuh. Ketika kita merasa panas, maka kulit akan mengeluarkan kelenjar keringat untuk membantu menormalkan suhu tubuh.

c. Membantu Proses Penyerapan Nutrisi

Kulit yang sehat ikut membantu proses penyerapan nutrisi. Kulit menyimpan lemak dan air untuk menyangga otot dan tulang. Kulit juga membantu proses sintesis vitamin D dari sinar matahari.

Kulit harus dalam keadaan sehat agar bisa meningkatkan fungsi kulit. Oleh karena itu, penting sekali Bunda mengajak anak untuk rajin merawat kulit agar tetap sehat sejak kecil. Perawatan kulit yang tepat dan konsisten akan menjadikan kulit bersih, sehat dan cantik setiap saat. Dengan begitu, fungsi kulit bisa berjalan lebih optimal sebagai pelindung tubuh, menjaga suhu dan membantu proses penyerapan nutrisi.

5. Memberikan Rasa Percaya Diri

Kulit cantik tidak bisa didapatkan secara instan, tapi harus dengan perawatan yang benar dan rutin. Perawatan kulit tidak harus mahal, tapi yang penting adalah memilih produk perawatan kulit yang cocok dan aman. Bunda perlu mengajari si kecil tentang pentingnya merawat kulit sejak kecil. Ajak anak untuk melakukan perawatan kulit secara rutin sesuai usianya agar memiliki kulit cantik dan sehat sejak kecil hingga dewasa nanti.

Kulit yang sehat akan membuat anak terlihat segar dan cantik. Kulit cantik dan sehat dapat meningkatkan rasa percaya diri anak sejak kecil. Jika anak Bunda tumbuh menjadi sosok yang percaya diri, maka anak dapat menjalani hidup dengan lebih optimis. Produktivitas di dunia pendidikan atau pekerjaan bisa meningkat jika menjalani hidup dengan percaya diri.  

6. Membentuk Anak Menjadi Sosok Mandiri

Bunda, mengajarkan anak untuk merawat kulit sejak dini sama dengan menanamkan prilaku mandiri dalam diri si kecil. Jika Bunda dapat mengajarkan cara merawat kulit dengan benar kepada anak, maka ketika dewasa anak paham tentang kewajiban merawat kulit. Hal ini akan membentuk prilaku mandiri dan bertanggung jawab pada anak sejak dini.

Bunda, jangan sampai anak tidak paham pentingnya merawat diri karena kurangnya perhatian orang tua. Perawatan kulit akan lebih maksimal jika dilakukan sejak kecil. Ketika anak sudah dewasa sudah tahu apa saja hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kulit cantik dan sehatnya. Selain itu, anak akan memahami kondisi kulitnya dengan baik sehingga bisa memilih produk dengan tepat ketika dia sudah dewasa nanti.

7. Investasi di Masa Tua

Bunda pasti tahu bahwa merawat kulit adalah investasi jangka panjang untuk anak. Maka, Bunda harus menaruh perhatian lebih dalam merawat kulit anak sejak kecil supaya anak memiliki kulit cantik dan sehat di masa sekarang dan yang akan datang. Bunda, merawat kulit anak dengan baik sejak kecil agar setelah dewasa anak-anak terhindar dari gejala penuaan diri.

Kulit anak yang tidak dirawat sejak dini bisa menyebabkan menumpuknya penyebab masalah kulit di masa tua. Kulit yang kurang ekfoliasi lebih mudah mengalami penumpukan sel kulit mati sehingga kulit tidak sehat, Bun. Rutin merawat kulit sejak usia kecil membantu menjaga keremajaan kulit anak.

Itulah beberapa alasan mengapa Bunda perlu merawat kulit anak sedari kecil. Anak perempuan atau lelaki sama-sama punya kewajiban untuk merawat kulit sejak kecil ya, Bund. Perlu peran orang tua untuk memberikan pengertian pada anak tentang perlunya merawat kulit supaya kulit bersih dan sehat. Sebagai orang tua Bunda punya kewajiban ganda yaitu merawat kulit sendiri dan merawat kulit si kecil.

Memilih produk yang tepat merupakan hal penting untuk memberikan perawatan kulit terbaik untuk diri sendiri dan keluarga. Memilih skincare atau bodycare bersama si kecil bisa mempererat hubungan ibu dan anak. Pilih lotion dari formula pilihan yang aman digunakan anggota keluarga. Sakura First Love Lotion cocok dipakai oleh remaja hingga dewasa dan aman untuk segala jenis kulit. Sakura First Love Lotion bisa Bunda pakai bersama keluarga di rumah.

Comments

0 comments

Write a comment

Comments are moderated