5 GEJALA TUNGAU PADA RAMBUT BESERTA CARA MENGATASINYA
Akar rambut mempunyai peran penting dalam menguatkan rambut, menyuburkan rambut, dan menjaga rambut kita agar senantiasa sehat dan terawat. Tapi, tahukah kamu menurut penelitian Pertumbuhan Rambut Star Hair Technology menemukan terdapat sekitar 1 juta mikroorganisme kecil pada kulit kepala dan paling dijumpai ialah tungau.
Tungau adalah parasite kecil yang suka hidup di kulit kepala dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Secara medis, tungau dapat menghalangi pertumbuhan folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok. Tentu, tungau memiliki dampak yang signifikan pada penyebab rambut rontok secara terus-menerus. Apalagi saat rambutmu mudah sekali berminyak dan berketombe, karena mereka menyukai tempat yang lembab seperti itu.
5 GEJALA TUNGAU PADA RAMBUT BESERTA CARA MENGATASINYA
Mereka suka ‘memakan’ minyak alami pada kulit kepala dan mengeluarkan enzim lipolitik yang mengikis kelenjar sebaceous sehingga menyebabkan kulit kepala menjadi berminyak. Sebuah penelitian studi yang dilakukan oleh Durham University Medical Center menemukan bahwa kulit kepala yang memiliki rambut tipis kemungkinan 80% tungau dapat bersarang dan berkembang biak pada rambut. Karena, kulit kepala merupakan bagian dari kulit dan folikel rambut yang rentan mengalami peradangan sehingga tungau mudah untuk berkembang biak.
Kamu dapat mengetahui apakah ada tungau pada rambutmu dengan mengenali gejala-gejala dibawah ini. Berikut kami rangkum 5 gejala tungau pada rambut beserta cara mengatasinya:
1. Rambut rentan berminyak
Jika rambutmu selalu berminyak dan lepek walaupun setelah keramas pun, mungkin itu salah satu factor penyebab tungau ada pada rambutmu. Karena tungau dapat merangsang kelenjar sebasea untuk mengeluarkan minyak dalam jumlah besar, Sehingga menjadikan rambut mudah sekali berminyak dan bau.
Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan shampoo yang mengandung bahan-bahan alami. Karena, kandungan dari bahan-bahan alami tersebut membuat kulit kepala senantiasa sehat, membunuh bakteri akibat infeksi jamur, dan membunuh tungau beserta telur-telurnya.
Cuci rambutmu dengan cara keramas 2-3 kali dalam seminggu dengan memakai shampoo yang mengandung bahan alami, lalu bilas dengan air sampai benar-benar bersih.
Jaga kebersihan rambut dari debu, polusi, dan keringat karena hal itu dapat memicu perkembangbiakan tungau dalam jumlah yang besar.

2. Ketombe berlebihan
5 GEJALA TUNGAU PADA RAMBUT BESERTA CARA MENGATASINYA
Sehari setelah keramas masih terasa gatal dan ketombe tersebar dimana-mana, Kenali gejala tersebut karena itu mungkin rambutmu sudah diserang oleh hewan kecil ini. Awalnya ketombe tersebut tidak terlalu banyak namun saat tungau berada pada rambutmu, mereka memakan seluruh sel kulit dan akar rambutmu yang menghasilkan ketombe berlebihan.
Cara membedakannya antara ketombe basah biasa dengan ketombe basah yang telah di tempati tungau ialah ketombe basah tersebut, melebihi jumlah normal atau berlebihan, ketombe itu akan muncul lebih banyak dan memiliki bau tidak sedap saat terkena keringat.
Cara mengatasinya adalah dengan kamu rutin keramas menggunakan shampoo yang sesuai dengan masalah rambutmu sampai benar-benar bersih. Ulangi menggunakan shampoo untuk kedua kalinya dan cuci sampai bersih tanpa meninggalkan residu dari shampoo tersebut.
Bagi kamu yang memiliki masalah pada ketombe, kamu dapat mencuci rambutmu setiap 2-3 kali dalam seminggu. Ingat jangan terlalu sering mencuci rambutmu setiap hari karena, dapat membuat minyak alami yang dihasilkan oleh rambut hilang akibatnya rambut terasa kering dan menimbulkan masalah rambut lainnya.
3. Rambut mudah rontok
5 GEJALA TUNGAU PADA RAMBUT BESERTA CARA MENGATASINYA
Tahukah kamu saat tungau berada pada rambutmu, mereka dapat membawa bakteri dari luar dengan jumlah yang sangat besar. Tungau masuk ke dalam folikel rambut dan merusak seluruh struktur folikel pada rambut dengan membawa bakteri dari luar yang mengakibatkan rambut mudah sekali rontok. Karena, tungau menyukai tempat tinggal didalam folikel rambut untuk mengambil nutrisi pada akar rambut.
Kamu dapat mengenali gejala tersebut saat bangun tidur dan terdapat banyak sekali rambut rontok diatas bantal, itu mungkin tanda bahwa tungau menyukainya dan dijadikan asupan ‘makanannya’. Melebihi batas normal rambut rontok mungkin itu tanda-tanda bahwa rambutmu sudah di serang oleh tungau.
Cara mengatasi agar rambutmu tidak ditempati oleh tungau yang membawa bakteri dari luar adalah dengan kamu rajin mencuci dan menyisir rambutmu dan ingat jangan berbagi sisir dengan orang lain, karena tungau dalam menempel pada sisir tanpa kamu sadari. Disarankan untuk mencuci sisirmu setiap 2 hari sekali. Jika sisirmu sudah terkontaminasi oleh tungau, kamu dapat merendam sisir dengan air cuka putih selama 2 menit dan mencucinya menggunakan shampoo, keringkan sisir tersebut dengan cara menjemurnya dibawah sinar matahari agar tungau dapat musnah dari sisir.
4. Rambut menjadi kering dan kusam
5 GEJALA TUNGAU PADA RAMBUT BESERTA CARA MENGATASINYA
Bagi sebagian orang yang menderita masalah tungau pada rambut ialah rambut yang semula halus dan bercahaya menjadi kering dan kusam. Ini adalah tanda bahwa rambutmu sudah diserang oleh hewan kecil ini dan berkembang biak pada kulit kepalamu.
tungau dapat membuat rambutmu menjadi kering, kusam, dan bercabang karena, mereka mengambil banyak nutrisi folikel rambut untuk dijadikan ‘makanannya’. Hewan kecil ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang tetapi kamu dapat mengatasinya tanpa melihat keberadaanya karena mereka dapat ditemukan pada tempat tidur seperti sprei, bantal, dan guling. Oleh karena itu, penting sekali menjaga kebersihan tempat tidur untuk menghindari tungau masuk kedalam rambut.
Tips untuk menghilangkan tungau ada pada alas tidurmu adalah dengan cuci sarung bantal, guling, dan sprei setiap 1-2 minggu sekali, apabila kamu sudah terinfeksi oleh hewan kecil ini ada baiknya untuk merendam sarung bantal, guling dan sprei menggunakan air hangat selama 25 menit lalu cuci menggunakan sabun detergent sampai bersih. Keringkan tepat dibawah sinar matahari untuk membunuh tungau ini.

5. Terdapat benjolan pada kulit kepala
5 GEJALA TUNGAU PADA RAMBUT BESERTA CARA MENGATASINYA
Saat kamu menyisir rambutmu dan merasakan ada sebuah benjolan kecil di kulit kepala, kamu mencoba untuk memegang benjolan kecil tersebut tetapi saat kamu memegangnya rasa sakit dan nyeri yang dapat kamu rasakan mungkin itu yang dinamakan jerawat rambut. Ya, jerawat rambut adalah jerawat yang berada pada kulit kepala yang disebabkan oleh produksi sebum mengeluarkan lebih banyak dari biasanya. Atau mungkin karena disebabkan oleh tungau yang merusak akar dan folikel rambut untuk mereka ‘makan’ sehingga menimbulkan jerawat dan peradangan.
menurut sebuah penelitian medis di Amerika Serikat ada dua jenis tungau parasite yang hidup di kepala manusia yaitu “tungau folikel rambut” dan “tungau sebasea atau disebut tungau kepala”. Jika ada satu tungau yang hidup dalam satu pori maka, akan ada puluhan ribu tungau yang hidup di kepalamu. Tungau ini dapat menyebabkan jerawat pada kulit kepala akibat penyumbatan pori-pori dan menyebabkan peradangan pada kulit kepala pada kasus yang parah.
oleh karena, itu sebaiknya kamu jangan memencet jerawat tersebut karena dapat menimbulkan peradangan jerawat dan tungau akan lebih aktif lagi untuk berkembang biak.
Cara mengatasinya yaitu dengan keramas menggunakan shampoo yang khusus mengatasi ketombe dan mengandung bahan alami, karena untuk membasmi bakteri yang ada didalam kulit kepala. Sebaiknya keramas setiap 2-3 kali dalam seminggu dan jaga Kesehatan rambut agar tidak kotor.
Sebagian dari kalian tidak menyadari jika kulit kepala kalian dapat dihuni oleh tungau yang disebabkan oleh hal-hal kecil. Oleh karena itu, Jika kamu sudah mengetahui gejala dan tanda-tanda tersebut, segera kamu lakukan pencegahannya agar tungau tidak dapat berkembang biak.
Tungau dapat musnah dengan telur-telurnya, apabila kamu rajin menjaga kebersihan rambut dan lingkunganmu. Karena, tungau tidak menyukai tempat dan lingkungan yang bersih dan wangi seperti menjaga kebersihan tempat tidur, mengganti sprei dan bantal guling setiap 2 kali dalam seminggu, keramas dengan menggunakan shampoo yang tepat untuk kulit kepalamu, dan jika rambutmu rontok kamu dapat menggunakan hair tonic atau serum rambut untuk mengatasi kerontokkan pada rambut.
Rawat kebersihan rambutmu agar terhindar dari hewan kecil ini. Karena kalau kulit kepalamu bersih maka tungau dapat kamu basmi tungau beserta telur-telurnya.
Semoga artikel ini dapat segera membantumu untuk membasmi tungau beserta telur-telurnya yang ada pada rambutmu.

Comments

0 comments

Write a comment

Comments are moderated