5 FAKTA MENARIK DAN HAL-HAL YANG TIDAK DAPAT KAMU KETAHUI MENGENAI TUNGAU

Tungau merupakan serangga kecil berkaki delapan yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, mereka sangat menyebalkan bagi manusia karena tungau dapat membuat kulit kepala dan rambut menjadi gatal-gatal. Tungau dapat menular dari manusia ke manusia, oleh karena itu perlu sekali untuk merawat kebersihan diri mulai dari sekarang.
Namun bukan tungau namanya kalau tidak dapat membuatmu kagum, karena serangga kecil ini memiliki fakta menarik tanpa kamu sadari itu. Kamu mungkin secara otomatis tidak langsung menyukai hewan ini tapi setidaknya kamu mengetahui hal-hal menarik sekecil apapun itu yang ada pada tungau. Berikut beberapa fakta menarik seputar tungau.
1. Tungau tidak menggigit

5 FAKTA MENARIK DAN HAL-HAL YANG TIDAK DAPAT KAMU KETAHUI MENGENAI TUNGAU

Ketika tungau menempel pada kulit kepala dan rambut sebenarnya itu karena menyukai tempat yang lembab seperti kulit kepala yang berminyak dan kotor, mereka hidup dan berkembang biak dikulit kepala.
Mereka tidak menggigit sama sekali melainkan menghisab darah pada kulit kepala sehingga menyebabkan gatal-gatal pada rambut. Tungau mendapat asupan makanan dari cara mereka menghisab darah manusia. Oleh karena itu, sebaiknya jika kamu memiliki rambut lepek dan berminyak segera bersihkan rambutmu dan gunakan shampoo berbahan alami yang dapat membasmi tungau beserta telur-telurnya.
2. Tungau tidak menyukai bau wewangian

5 FAKTA MENARIK DAN HAL-HAL YANG TIDAK DAPAT KAMU KETAHUI MENGENAI TUNGAU


Bagi manusia mencium aroma wangi tentu menyukai aroma tersebut namun berbeda dengan hewan kecil ini, mereka tidak menyukai aroma yang berbau wangi. Hal itu, dapat membuat tungau mati secara perlahan setelah mencium aroma wangi itu. Kenapa tungau dapat mati setelah mencium aroma wewanggian? Itu karena tungau dapat dikatakan hewan yang menyukai tempat kotor dan lembab.
Mereka lebih menyukai tempat yang kotor seperti rambut kita Ketika rambut berminyak dan terkena debu dan polusi. Mereka suka berpindah tempat ke tempat lainnya untuk mencari tempat yang kotor. Tungau hanya menyukai rambut yang jarang dibersihkan karena membuat mereka dapat memakan darah pada kulit kepala yang kotor.
Bagi, kamu yang jarang membersihkan rambut dan memiliki produk shampoo yang tidak sama sekali dapat membasmi tungau dan masalah rambut lainnya. Kamu sebaiknya berpindah pada produk shampoo yang dapat mengatasi semua masalah rambut dan memiliki aroma wewanggian yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti Amino Acid Regen Shampoo. Produk ini bisa mengatasi semua masalah-masalah pada rambutmu mulai dari dapat membasmi tungau, anti ketombe, menguatkan akar rambut dari dalam, membuat rambut berkilau, dan melembutkan bagi rambut kering dan bercabang.
3. Tungau berkembang biak dengan cepat

5 FAKTA MENARIK DAN HAL-HAL YANG TIDAK DAPAT KAMU KETAHUI MENGENAI TUNGAU
Tungau dapat menular lewat penggunaan benda secara bersama-sama yang memungkinkan tungau bisa berpindah tempat ke tempat yang lain. Tungau hidup dan berkembang biak pada kulit kepala dengan cara menghisab darah agar dapat bertahan hidup. Tungau berkembang biak dengan cara menempelkan telurnya ke batang rambut dan akan menjadi dewasa dalam waktu yang singkat.
Jadi, perkembangbiakkan tungau dewasa memakan waktu yang cepat biasanya 7-12 hari setelah menetas dan tungau dewasa akan bertahan hidup setidaknya 4-5 minggu saja.
4. Tungau memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil

5 FAKTA MENARIK DAN HAL-HAL YANG TIDAK DAPAT KAMU KETAHUI MENGENAI TUNGAU
Tungau adalah hewan yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang dan hidup pada kulit kepala manusia untuk bertahan hidup. Mereka bertahan hidup dengan cara menghisab darah pada kulit kepala. Serangga kecil ini dapat menular dari kontak langsung maupun tidak langsung dan memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil yaitu hanya 1-2 mm.
Tungau ini dapat menyebabkan gatal-gatal pada rambut sehingga membuat aktivitas hari-harimu bakal terganggu dengan kedatangan mereka. Apalagi kalau tungau ini memiliki bentuk yang kecil yang mampu menetaskan telur-telurnya dalam kurun waktu 1 minggu.
5. Sensasi gatal yang luar biasa

5 FAKTA MENARIK DAN HAL-HAL YANG TIDAK DAPAT KAMU KETAHUI MENGENAI TUNGAU


Fakta menarik tentang tungau lainnya adalah sensasi gatal-gatal berlebih yang tidak dapat kamu hindari untuk menggaruknya. tungau menghisab darah pada kulit kepala dan memuntahkan air liurnya sehingga membuat kulit kepalamu menjadi gatal-gatal.
Kamu akan menggaruknya dengan keras agar gatal-gatal tersebut bakal terhenti tetapi yang didapatkan justru sebaliknya, menggaruknya dengan keras tidak dapat membuat si tungau bakal berhenti malah justru tungau aktif untuk mencari makanannya. Sebaiknya kamu jangan terlalu menggaruknya terlalu keras karena dapat menyebabkan luka pada kulit kepalamu dan bakteri mudah masuk kedalam lapisan kulit kepala.
Setelah mengetahui fakta menarik tentang tungau, kamu juga harus mengetahui hal-hal yang tidak diketahui tentang tungau rambut, berikut diantaranya:
1. Tungau dapat menyebar ketika cuaca panas, hal ini dapat terjadi karena tungau akan mudah untuk berkembang biak saat cuaca yang hangat seperti sekarang ini.
2. Umumnya letak telur tungau antara bagian bawah rambut ataupun akar rambut. Memiliki ukuran telur kurang lebih 1 mm dan setiap tungau betina dapat bertelur antara 1- 2 hari setelah mereka dibuahi oleh tungau jantan.
3. Larva adalah telur tungau yang menetas dengan ukuran badan mereka sangat kecil dan mereka makan dengan cara menghisab darah pada kulit kepala seperti tungau dewasa.
Itulah fakta menarik mengenai tungau dan hal-hal yang tidak diketahui oleh manusia. Mungkin setelah kamu membaca artikel ini membuatmu menjadi waspada dengan hewan kecil ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan kamu menjadi lebih hati-hati dalam bertindak untuk membasmi tungau.

Comments

0 comments

Write a comment

Comments are moderated