4 SHAMPOO INI DAPAT MENYEBABKAN TUNGAU ADA PADA RAMBUTMU

Pada dasarnya tungau hidup pada tubuh manusia terutama hidup pada kulit kepala tanpa menimbulkan bahaya tetapi dalam kasus yang parah, tungau dapat menghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan kerontokan yang parah apabila tidak ditangani dengan benar dan tepat.

Yuk, kenali dulu apa itu tungau?

Tungau adalah golongan hewan kecil dalam filum Arthropoda Arachnida yang berukuran sekitar 0.5 mm dan termasuk dalam kategori mikroorganisme kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Mereka hidup didalam folikel rambut untuk berkembang biak, jumlah mereka sangatlah banyak oleh karena itu sebaiknya kamu menjaga kebersihan rambut agar terhindar dari hewan kecil ini.

Tungau biasanya aktif pada malam hari untuk berkembang biak dan menginfeksi kulit kepala akibatnya rambut mengalami kerusakan seperti berketombe, berminyak, dan rontok. Pada tahun 1998 pusat penelitian perawatan rambut amerika (Nioxin) resmi menerbitkan penelitian mengenai tungau yang berdampak pada kerusakan rambut terutama rambut menjadi rontok.

Dan pada tahun 2001 sebuah studi dari Tulane University Medical Center menyatakan bahwa seseorang yang memiliki rambut tipis kemungkinan 88% mudah terserang tungau, tidak hanya itu saja pada tahun 2003 penelitian dari Universitas Kedokteran Wonju di Korea Selatan menemukan bahwa jika masalah tungau tidak dapat diberantas dalam jangka waktu yang lama maka kemungkinan rambut mengalami kerontokan yang parah.

Ada trik khusus untuk mengetahui ada tungau di rambut yaitu dengan mengambil handuk kertas dan tempelkan pada kulit kepala, jika terlihat berminyak dan kotor maka rambutmu sudah ditempati oleh tungau.

Menurut para ahli percaya bahwa produk sampo yang mengandung bahan-bahan berikut ini dapat merangsang pertumbuhan tungau, antara lain:

1.  Shampoo yang melembutkan

4 SHAMPOO INI DAPAT MENYEBABKAN TUNGAU ADA PADA RAMBUTMU

Produk shampoo yang mengandung bahan yang memiliki manfaat melembutkan rambut justru tidak baik bagi yang memiliki masalah pada tungau di rambut karena menyebabkan rambut cepat berminyak yang dapat merangsang pertumbuhan tungau. Bahan yang terkandung pada sampoo yang melembutkan ini Bernama polydimethylsiloxane, bahan ini mengandung efek halus sehabis keramas. Tidak apa-apa jika kamu tidak mempunyai masalah tungau pada rambut tetapi jika kamu memiliki masalah pada tungau alangkah baiknya untuk menghindari bahan tersebut dulu.

2.  Shampoo anti ketombe

4 SHAMPOO INI DAPAT MENYEBABKAN TUNGAU ADA PADA RAMBUTMU

Jika kalian melihat shampoo yang mengandung bahan kimia ZPT (Zinc Pyrithione) hati-hati saja bagi yang memiliki masalah tungau. Ini adalah bahan kimia antibakteri, tetapi bahannya tidak berbahaya, dan akan menyebabkan kerusakan DNA dan penuaan kulit kepala bila digunakan pada kulit kepala, dan mempercepat pertumbuhan tungau. pada tahun 2009 sebuah penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia ini tidak berbahaya pada tungau oleh karena itu bahan tersebut dapat merangsang pertumbuhan tungau. Oleh karena itu sebaiknya kamu basmi dulu tungau pada rambutmu, baru setelah tungau mati kamu dapat memakai shampoo anti ketombe ini.

3.  Shampoo yang membuat rambut kering

Tungau dapat membuat rambut kering dan kusam, oleh karena itu sebaiknya hindari sampoo yang dapat membuat rambut kering. Karena, tungau hidup didalam folikel rambut dan menjadikan akar rambut untuk berkembang biak. Oleh karena itu, hindari sampoo yang dapat membuat tungau menjadi berkembang biak diantaranya sampoo yang mengandung bahan kimia SLS (Sodium Laureth Sulfate), bahan ini dapat menjadikan rambut menjadi sangat kering. 

Saat kamu ingin membasmi tungau, maka hal utama yang dapat kamu hindari terlebih dahulu yaitu Sampo yg meengandung bahan kimia SLS (sodium laureth sulfate) karena bahan ini tidak berbahaya bagi tungau.

4.  Shampo yang mengandung belerang

4 SHAMPOO INI DAPAT MENYEBABKAN TUNGAU ADA PADA RAMBUTMU

Belerang memang baik untuk dijadikan sebagai anti-bakteri tetapi tidak bagus saat kamu memiliki masalah tungau pada rambut. Bahan yang terkandung didalam belerang tidak baik bagi kondisi rambutmu saat ini karena dapat membuat rambut menjadi semakin kering dan kusut. Beda halnya dengan dengan tungau, mereka menyukai rambut kering dan menjadikan akar rambut sebagai tempat perkembangbiakkan. 

Memang bahan ini ada nilai plus dan minusnya, plusnya bahan ini dapat menghilangkan ketombe basah dan berlebih sedangkan, minusnya bahan ini tidak berbahaya bagi tungau malah mereka dapat membuat tungau semakin betah di kulit kepala. Sebaiknya hindari dulu bahan ini karena tidak dapat membasmi tungau beserta telur-telurnya.

Nah, kamu sudah mengetahui bahan kimia yang terkandung didalam sampo dapat membuat tungau menjadi betah di kulit kepalamu, sekarang kamu mesti bertanya-tanya lalu sampo apa yang bagus dan baik untuk membasmi tungau di rambutmu?

Iya, memang ada sampo yang bisa memberantas tungau di kepalamu, sampo tersebut harus mengandung bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, minyak Zaitun, tea tree oil, dan minyak rosemary. Semua bahan tersebut secara ampuh dapat membasmi tungau beserta telur-telurnya. Tetapi ingat, jika ingin memberantas tungau dengan telur-telurnya menggunakan sampo berbahan alami ini harus telaten, konsisten, dan sabar. Karena untuk memberantas tungau yang sudah mengeluarkan telur-telurnya biasanya memerlukan waktu setidaknya 2-3 minggu. Usahakan untuk menjaga kebersihan rambut dan lingkungan sekitar agar tungau tidak dapat hidup dan berkembang biak.



Comments

0 comments

Write a comment

Comments are moderated