3 Gejala Serangan Tungau pada Rambut
Meskipun kita membersihkan tubuh setiap hari yang biasanya kita pedulikan hanya bagian badan dan wajah saja, sedangkan pada bagian rambut tidak terlalu dipentingkan padahal kulit kepala dan rambut membutuhkan perawatan ekstra yang tidak kalah pentingnya dari bagian badan dan wajah.

Pentingnya menjaga kesehatan rambut agar tidak ditempati oleh hewan kecil yang hidup dan berkembang biak di rambut, siapa lagi kalau bukan tungau yang menyukai tempat lembab dan kotor seperti rambut. Mereka menyukainya karena membutuhkan asupan “makanan” yang disebut darah pada kulit kepala.

Mereka menghisab darah untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Tungau dapat kamu kenali gejalanya yaitu dengan mengecek kondisi rambutmu seperti munculnya jerawat atau benjolan kecil pada kulit kepala, apabila kamu pencet terasa agak keras dan sakit mungkin itu tanda bahwa tungau hidup pada kulit kepala. Karena, kulit kepala merupakan bagian dari kulit dan folikel rambut yang rentan mengalami peradangan.

Tidak hanya itu saja yang dapat kamu kenali gejala serangan tungau pada rambutmu melainkan ada beberapa gejala lainnya yang dapat kamu kenali. Berikut 3 gejala serangan tungau pada rambut:

1.  Ketombe Basah dan Bau

3 Gejala Serangan Tungau pada Rambut

Sehari setelah keramas masih terasa gatal dan ketombe tersebar dimana-mana. Kenali gejala tersebut karena itu mungkin rambutmu sudah diserang oleh hewan kecil ini. Ketombe basah adalah campuran dari sebum metabolit dan ‘feses’ dari tungau. 

Cara membedakannya antara ketombe basah biasa dengan ketombe basah yang telah di tempati tungau ialah ketombe basah tersebut, melebihi jumlah normal atau berlebihan, ketombe itu akan muncul lebih banyak dan memiliki bau tidak sedap saat terkena keringat.

2.  Rambut Rontok Berlebihan

3 Gejala Serangan Tungau pada Rambut

Tungau menyukai tempat tinggal didalam folikel rambut untuk mengambil nutrisi pada akar rambut yang menyebabkan rambut rontok terus menerus. Kamu dapat mengenali gejala tersebut saat bangun tidur dan terdapat banyak sekali rambut rontok diatas bantal, itu mungkin tanda bahwa tungau menyukainya dan dijadikan asupan ‘makanannya’. Melebihi batas normal rambut rontok mungkin itu tanda-tanda bahwa rambutmu sudah di serang oleh tungau.

3.  Ketombe Seperti Butiran Salju

3 Gejala Serangan Tungau pada Rambut

Ketika kamu menundukkan kepala dan mencoba menggaruk kulit kepala, kamu menemukan ketombe jatuh kebawah seperti butiran salju, mungkin hal itu disebabkan oleh serangan tungau yang merangsang kulit kepala untuk melepaskan lebih banyak ketombe.

Untuk mendapatkan lebih banyak "makanan", tungau akan merangsang kulit kepala untuk melepaskan lebih banyak ketombe, sehingga menyebabkan ketombe berlebihan.

Nah, dari ketiga gejala serangan tungau pada rambut tersebut, mungkin kamu bingung bagaimana cara mengatasi gejala tersebut. Anda harus tenang dan rileks, karena ada tips yang dapat kamu coba dan dipraktekkan di rumah. Berikut tips yang dapat kamu coba dengan menggunakan Belerang.

Belerang memiliki khasiat yang dapat membunuh bakteri pada kulit kepala, gunakan belerang untuk mencuci rambutmu sebelum mengaplikasikan shampoo dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit lalu bilas. 

Disarankan untuk mencuci rambut setidaknya 2-3 kali dalam seminggu, jangan terlalu sering mencuci rambut karena dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala terutama pada kerusakan rambut. karena bagaimanapun juga belerang ini merupakan oksidator yang dapat menyebabkan oksidasi dan kerusakan pada stratum corneum kulit.

Jika dirasa merepotkan menggunakan belerang, kamu dapat menggunakan shampoo yang mengandung belerang dan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa. Shampoo yang mengandung bahan alami dapat mengatasi rambut yang terkena tungau dan masalah rambut lainnya. 

  

Comments

0 comments

Write a comment

Comments are moderated