10 CARA PERAWATAN RAMBUT RONTOK BERLEBIH DAN KERING DENGAN MUDAH

Mempunyai rambut rontok dan kering adalah hal yang menyebalkan bagi wanita baik itu muda maupun tua. Hal ini terjadi karena dapat menganggu rasa percaya diri seseorang apabila berada di tempat keramaian, banyak wanita berlomba-lomba untuk mengatasi rambut rontok dan kering dengan cara alami maupun perawatan di salon.
Meski begitu, rambut rontok dan kering tidak boleh dianggap remeh lho, karena biasanya rambut rontok dan kering disebabkan oleh banyak faktor diantara-Nya adalah faktor keturunan atau genetik, kurang gizi dan vitamin, stres, salah penggunaan produk, kehamilan, penyakit tertentu, obat-obatan, dan makan-makanan kurang sehat.
Kehilangan 1 atau 2 helai rambut dianggap masih hal normal tetapi apabila kehilangan banyak rambut rontok dapat menimbulkan masalah rambut. Merawat rambut rontok dan kering tidaklah mudah dan masalah ini harus kamu atasi dengan cepat dan tidak boleh asal-asalan. Sekarang ini, banyak shampo yang dijual di pasaran yang dapat mengatasi masalah rambut rontok tetapi kamu juga harus seleksi dalam memilih produk yang cocok. Tetapi shampo saja tidak cukup untuk mengatasi rambut rontok dan kering oleh karena itu pilihlah sampoo yang memiliki bahan dasar ringan serta memiliki kandungan bahan alami. Jangan asal untuk merawat rambut oleh karena itu, berikut ada 10 cara perawatan rambut untuk mengatasi rambut rontok dan kering bercabang yang mudah kamu rawat di rumah.
1. Hindari stres berlebih

 

10 CARA PERAWATAN RAMBUT RONTOK BERLEBIH DAN KERING DENGAN MUDAH

Stres dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti penyakit diabetes, darah tinggi, stroke, maupun kerontokan rambut. Stres dapat juga menimbulkan kerontokan rambut yang parah oleh karena itu sebaiknya hindari stres dan lakukan hal positif seperti berolahraga, joging, maupun meditasi di alam terbuka. Lakukan cara yang dapat membuatmu merasa senang untuk menghindari stres berkepanjangan.
2. Menyisir rambut ketika basah
Setelah keramas, rambut jangan langsung menyisirnya tetapi biarkan hingga setengah kering lalu sisir rambutmu.  Karena, rambut yang masih basah memiliki akar yang lemah selain itu folikel rambut menjadi rapuh ketika disisir. Sebaiknya hindari untuk menyisir rambut ketika basah menggunakan sisir rambut karena dapat membuat rambut menjadi rontok parah. Jika dirasa urgent kamu dapat menyisir rambut menggunakan tangan karena dirasa cara tersebut dapat mencegah rambut rontok berlebih.
3. Tidur 8 jam dalam sehari

10 CARA PERAWATAN RAMBUT RONTOK BERLEBIH DAN KERING DENGAN MUDAH

Meski terlihat sepele dan simpel tetapi cara tersebut terkadang tidak terlalu diperhatikan padahal tidur kurang dari 8 jam dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti insomnia, penyakit jantung, kepala pusing, darah rendah, maupun kerontokkan pada rambut. Tidak heran, jika para dokter menyarankan untuk tidur cukup 8 jam agar tubuh menjadi prima dan masalah pada rambut dapat diatasi.
4. Tidak cocok memakai produk perawatan rambut
Terkadang rambut rontok dan kering disebabkan oleh pemakaian produk perawatan yang tidak sesuai. Jika bahan yang terkandung didalam shampoo ataupun produk perawatan lainnya mengandung bahan keras yang dapat menyebabkan kerontokkan pada rambut cobalah untuk mengganti atau menstop dulu,  agar tidak menimbulkan masalah rambut lainnya. Gunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan masalah rambut dan memiliki kandungan bahan ringan.
5. Konsumsi vitamin dan suplemen

10 CARA PERAWATAN RAMBUT RONTOK BERLEBIH DAN KERING DENGAN MUDAH

Mengkonsumsi vitamin dan suplemen dapat mengurangi rambut rontok dan membuat rambut sehat dan bercahaya. Oleh karena itu, konsumsilah vitamin dan suplemen makanan yang cukup bagi tubuh agar selain membuat tubuh menjadi fit juga dapat mengatasi masalah rambut lainnya. Jika bingung dan bagaimana memilih vitamin dan suplemen yang cocok bagi tubuhmu cobalah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan suplemen dan vitamin yang pas bagi tubuhmu.
6. Terlalu sering keramas
Memang kebersihan untuk menjaga rambut supaya sehat adalah dengan keramas tetapi tahukah kamu, jika keramas terlalu sering dapat membuat rambut menjadi rontok akibatnya ialah akar rambut menjadi rapuh dan membuat rambut seperti mengembang dan kering. Oleh karena itu, Tidak disarankan untuk terlalu sering keramas agar minyak alami yang terdapat di dalam kulit kepala menjadi normal atau seimbang. Setidaknya keramas setiap 2-3 kali dalam seminggu cukup untuk mengatasi rambut kering dan rontok.
7. Selalu gunakan kondisioner
Setelah keramas, rambut akan menjadi kering dan folikel rambut menjadi terbuka oleh karena itu selalu gunakan kondisioner setelah keramas agar rambut tidak menjadi kering apalagi rontok. Gunakan kondisioner yang tepat untuk mengatasi masalah rambut, seperti contoh saat rambutmu kering dan rontok gunakanlah kondisioner yang khusus menangani rambut rontok dan kering. Gunakan kondisioner hanya pada ujung rambut jauhkan kondisioner dengan kulit kepala agar tidak menimbulkan rambut berminyak.
8. Hindari hair tools

10 CARA PERAWATAN RAMBUT RONTOK BERLEBIH DAN KERING DENGAN MUDAH

Rambut jika ditata menggunakan catok ataupun mengeringkan rambut dengan hair dyer memang membuat tampilan terlihat lebih bagus tetapi sangat disayangkan bagi rambut karena berdampak pada kerusakan rambut dan menjadi mudah patah. Panas yang dihasilkan oleh catok maupun hair dyer sangat tidak baik bagi kesehatan rambut oleh karena itu, sebaiknya kurangi penggunaan hair tools agar rambut tidak menjadi kering dan rontok.
9. Memakai masker alpukat
Tahukan apa buah alpukat tersebut? Ya, buah alpukat selain enak untuk dibuat jus ataupun minuman lainnya juga bagus untuk dijadikan masker rambut. Alpukat memiliki minyak alami yang dihasilkannya sehingga baik untuk mengatasi kerontokkan pada rambut dan rambut kering. Sehingga jika kamu memakai masker alpukat dapat membuat rambutmu menjadi sehat dan kuat.
Cara menggunakannya ialah haluskan 1 buah alpukat dan masukkan kedalam maangkuk, tambahkan 2 sdm madu lalu aduk rata kedua bahan tersebut. Kemudian oleskan ke kulit kepala sampai ujung rambut dan biarkan selama kurang lebih 25-30 menit lalu bilas dengan shampo dan air hingga bersih.
10. Gunakan minyak kelapa
Minyak kelapa memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi rambut tidak heran jika banyak sekali produk perawatan rambut memakai bahan ini. Karena minyak kelapa selain dapat menghaluskan rambut kering juga dapat membuat rambut menjadi sehat dan kuat tidak hanya itu saja manfaatnya ya, tetapi juga dapat mengatasi masalah ketombe dan masalah rambut lainnya.
Cara menggunakannya cukup ambil 5 sdm minyak kelapa lalu balurkan ke rambut dari kulit kepala sampai ujung rambut pijat-pijat ringan dan biarkan sekitar 20-25 menit lalu bilas dengan sampoo dan air hingga bersih.
Untuk pemakaian 5 sdm minyak kelapa dapat digunakan untuk yang memiliki rambut pendek dan sedang sedangkan untuk rambut panjang gunakan 10-12 sdm minyak kelapa.
Itulah artikel mengenai 10 cara perawatan rambut rontok berlebih dan kering yang dapat kamu coba di rumah tentunya cara tersebut sangat mudah, asalkan kalian selalu menjaga pola hidup sehat dan rajin berolahraga supaya rambut tidak mudah rontok dan kering. Juga hindari beberapa hal yang dapat membuat rambut rontok semakin parah ya. Selamat mencoba!

Comments

0 comments

Write a comment

Comments are moderated