10 CARA MEMBASMI TUNGAU RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI YANG WAJIB KAMU COBA!

Saat tungau berada pada kulit kepala dan mereka mulai menghisab darah untuk mendapatkan makanannya saat itulah rasa gatal menyerang rambutmu. Mempunyai tungau di rambut membuat sang pemilik rambut mulai hilang rasa percaya dirinya karena dapat membuat aktivitas terganggu terutama saat berada di keramaian yang banyak orang. Sebagian orang memiliki tungau di rambut sangat menjengkelkan dan apabila tidak ditangani dengan cepat dapat mengakibatkan infeksi pada kulit kepala dalam jangka waktu yang panjang.
Oleh karena itu, tungau harus dibasmi dengan penanganan yang tepat dan benar karena tungau dapat berkembang biak dalam waktu yang singkat biasanya 7-12 hari saja setelah menetas. Penularan tungau dapat terjadi dari manusia ke manusia atau hewan ke manusia biasanya melalui kontak langsung maupun tidak langsung dengan si pederita.
Sebelum perkembangbiakkan tungau bertambah sebaiknya segera lakukan cara membasmi tungau rambut dengan bahan alami agar selain rambutmu bebas dari tungau juga dapat menjaga kesehatan rambut. Berikut 10 cara membasmi tungau rambut dengan bahan alami yang wajib kamu coba!
1. Cara Membasmi Tungau Dengan Minyak Zaitun

10 CARA MEMBASMI TUNGAU RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI YANG WAJIB KAMU COBA!

Minyak zaitun merupakan minyak alami yang dapat membuat rambutmu menjadi lembut dan berkilau. Selain dapat dijadikan pelembab alami rambut juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk membasmi tungau. Caranya tuang secukupnya minyak zaitun kedalam wadah lalu usapkan dari kulit kepala sampai ujung rambut lalu bungkus dengan shower cup dan biarkan semalaman.
Esoknya setelah bangun tidur, kamu dapat melepas shower cup tersebut dan sisir rambutmu menggunakan sisir serit rambut. Sisir secara perlahan dan lihat apakah tungau jatuh saat kamu menyisirnya atau tidak. Jika cara tersebut sangat ribet, coba kamu gunakan cara lainnya yaitu dengan mencampur 4 sdm minyak zaitun, kondisioner secukupnya, dan 4 sdm shampo lalu aduk bahan tersebut sampai tercampur rata dan usapkan ke kulit kepala sampai ujung rambut biarkan kurang lebih 1 ½ jam lalu sisir rambutmu secara perlahan menggunakan sisir serit rambut dan lihat apakah tungau jatuh saat kamu menyisirnya atau tidak. Gunakan dan pilihlah antara kedua metode tersebut dan gunakan setiap 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil optimal. Kamu dapat memilih antara dua cara tersebut tergantung kamu menyukainya yang mana.
2. Cara Membasmi Tungau Dengan Jeruk Nipis

10 CARA MEMBASMI TUNGAU RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI YANG WAJIB KAMU COBA!

Jeruk nipis selain bermanfaat mencerahkan wajah dan mengobati jerawat juga dapat digunakan untuk membasmi tungau yang ada pada kulit kepala, karena kandungan vitamin C yang tinggi jeruk nipis juga dapat mengobati jerawat dan peradangan kulit kepala yang disebabkan oleh tungau.
Cara menggunakannya, kamu memerlukan 2 buah jeruk nipis lalu peras dan ambil sarinya usapkan ke kulit kepala dan rambut biarkan selama 1 jam lalu sisir rambut menggunakan sisir serit rambut. Bilas dengan air sampai bersih, gunakan cara ini setiap 2 kali dalam seminggu untuk membasmi tungau dengan optimal.
3. Cara Membasmi Tungau Dengan Minyak Kelapa

10 CARA MEMBASMI TUNGAU RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI YANG WAJIB KAMU COBA!

Minyak kelapa selain dapat menghilangkan ketombe juga berguna sebagai obat alami membasmi tungau pada rambut karena kandungan asam lemak jenuh dan vitamin E yang terbukti berkhasiat untuk menyehatkan akar rambut dan kulit kepala yang disebabkan oleh perkembangbiakkan tungau pada kulit kepala.
Cara menggunakannya cukup mudah yaitu tuangkan minyak kelapa secukupnya dalam wadah lalu usapkan ke kulit kepala dan rambut diamkan selama kurang lebih 2 jam setelah itu sisir menggunakan serit rambut kemudian bilas dengan shampoo dan air hingga bersih. Gunakan metode ini setiap 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil optimal.
4. Cara Membasmi Tungau Dengan Minyak Lavender

10 CARA MEMBASMI TUNGAU RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI YANG WAJIB KAMU COBA!

Minyak lavender tidak hanya dimanfaatkan sebagai perawatan kulit dan badan melainkan juga efektif untuk membasmi tungau rambut. Selain aman dan tidak menimbulkan efek samping yang merusak rambut juga karena terbukti ampuh untuk menghilangkan tungau di rambut.
Cara menggunakannya cukup mudah yaitu teteskan minyak lavender sebanyak 15-25 tetes kedalam wadah lalu oleskan ke kulit kepala menggunakan bola kapas, diamkan selama 1 ½ jam lalu sisir menggunakan serit rambut dan bilas dengan memakai sampo dan air hingga bersih. Gunakan cara ini setiap 2-3 kali dalam seminggu untuk membasmi tungau secara menyeluruh.
5. Cara Membasmi Tungau Dengan Lemon

10 CARA MEMBASMI TUNGAU RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI YANG WAJIB KAMU COBA!

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga banyak digandrungi oleh kaum wanita karena buah ini memiliki khasiat yang dapat mengecilkan perut yang buncit. Selain berkhasiat untuk mengecilkan perut juga efektif membunuh tungau pada rambut. Tidak hanya mitos belaka lemon dapat membasmi tungau di rambut tetapi mitos tersebut adalah fakta yang terbukti ampuh.
Cara menggunakannya cukup mudah yaitu siapkan 2 buah lemon lalu peras dan ambil sarinya saja, kemudian campurkan 5 sdm air putih kemudian usapkan ke kulit kepala dan rambut diamkan selama kurang lebih 1 jam lalu bilas dengan air sampai bersih.
6. Cara Membasmi Tungau Dengan Daun Sirsak

10 CARA MEMBASMI TUNGAU RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI YANG WAJIB KAMU COBA!

Daun sirsak tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan namun juga terbukti secara turun temurun dapat menghilangkan tungau pada rambut. Cara mengolah daun sirsak untuk dijadikan obat pembasmi tungau ialah haluskan daun sirsak menggunakan blender sampai berubah menjadi seperti pasta, kamu usapkan pasta daun sirsak ini ke bagian kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 45 menit lalu keramas menggunakan shampoo dan bilas dengan air hingga bersih.
7. Cara Membasmi Tungau Dengan Petroleum Jelly

10 CARA MEMBASMI TUNGAU RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI YANG WAJIB KAMU COBA!

Petroleum Jelly tidak hanya bermanfaat bagi perawatan kulit saja tetapi bisa juga digunakan dan efektif untuk mengatasi tungau pada rambut. Cara membasmi tungau pada rambut menggunakan petroleum jelly sangat mudah, kamu hanya mengoleskannya ke seluruh permukaan kulit kepala dan biarkan selama 2 jam lalu bilas dengan shampoo dan air hingga bersih.
8. Cara Membasmi Tungau Dengan Mayonaise

10 CARA MEMBASMI TUNGAU RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI YANG WAJIB KAMU COBA!

Mayonaise tidak hanya digunakan untuk pelengkap makanan saja tetapi dapat juga dijadikan untuk obat membasmi tungau pada rambut yang terbukti efektif membunuh tungau. Kandungan dari mayonaise berupa cuka, minyak, lemon, dan kuning telur ternyata baik untuk perawatan rambut, tidak hanya dapat digunakan sebagai obat pembasmi tungau tetapi mayonnaise dapat melembutkan rambut yang kering.
Cara membasmi tungau dengan mayonnaise adalah ambil mayonnaise secukupnya lalu oleskan ke rambut secara merata dan biarkan selama kurang lebih 20-25 menit lalu sisir rambut menggunakan serit rambut, kemudian bilas dengan shampoo dan air sampai bersih. Jika kalian tidak menyukai baunya yang menyengat, kamu dapat memakai shower cup pada rambutmu untuk menghindari bau mayonnaise.
9. Cara Membasmi Tungau Dengan Asam Cuka

10 CARA MEMBASMI TUNGAU RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI YANG WAJIB KAMU COBA!

Asam cuka memiliki kandungan asam yang tinggi oleh karena itu diyakini mampu membunuh tungau beserta telur-telurnya pada rambut. Tetapi bagi yang memiliki kepala sensitive sangat tidak disarankan untuk menggunakan bahan ini, karena bahan ini dapat membuat kulit kepala mengalami peradangan.
Sangat direkomendasikan untuk menambahkan air putih yang banyak untuk mencampur asam cuka tersebut agar mengurangi kadar asamnya. Cara menggunakannya sebagai berikut campur 3 sdm asam cuka dan 4 sdm minyak zaitun kedalam wadah lalu oleskan ke kulit kepala dan rambut diamkan selama kurang lebih 15-20 menit kemudian sisir menggunakan serit rambut lalu bilas dengan shampoo dan air hingga bersih.
10. Cara Membasmi Tungau Dengan Tea Tree Oil

Minyak Tea Tree juga efektif digunakan untuk membasmi tungau beserta telur-telurnya, jika kamu memiliki alergi terhadap minyak Tea Tree sangat tidak dianjurkan untuk memakai bahan tersebut atau cobalah konsultasi dengan dokter sebelum mencobanya.
Cara menggunakannya cukup mudah yaitu tuangkan 15-20 tetes tea tree oil kedalam wadah lalu oleskan ke kulit kepala menggunakan bola kapas, pijat-pijat ringan selama 5-10 menit lalu letakkan handuk di atas bantal dan biarkan ramuan ini bekerja semalaman, pagi harinya kamu dapat sisir rambut menggunakan serit rambut kemudian cuci rambutmu menggunakan shampoo dan kondisioner lalu bilas dengan air hingga bersih.
Nah, dari banyaknya cara membasmi tungau rambut dengan bahan alami, mungkin kamu tidak mengetahui bahwa kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari juga dapat menyebabkan tungau hidup pada rambutmu. Tetapi uniknya tungau tidak dapat terbang ataupun melompat melainkan hewan kecil ini memiliki cakar khusus untuk merangkak dan menempel erat pada rambut.
Tungau biasanya menyebar melalui kontak langsung dan tidak langsung yang memungkinkan mereka menyeberang dari rambut seseorang atau hewan ke orang lain. Misalnya penggunaan barang pribadi yang dipakai secara bergantian seperti sprei, sisir, bantal guling, dan pakaian atau dapat juga melalui kontak langsung dengan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.
Kebiasaan inilah yang dapat memicu penyebaran tungau dengan kebiasaan sehari-hari khususnya anak-anak yang sangat rentan terhadap tungau karena mereka cenderung langsung kontak fisik dengan hewan peliharaan yang sudah terinfeksi dengan tungau, sedangkan orang dewasa juga sangat rentan dengan tungau sebab, saling pinjam barang pribadi terutama pada seseorang yang memiliki tungau rambut. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantumu mencari solusi dalam mengatasi tungau pada rambut.

Comments

0 comments

Write a comment

Comments are moderated